Siapa yang hendak merencanakan liburan ke Labuan Bajo? Memang banyak sekali destinasi wisata yang bisa kita kunjungi saat pergi ke sana.

Pulau Komodo, Pink Beach, dan masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya.

Namun saat pergi ke Labuan Bajo, hal yang tidak boleh kalian lewatkan adalah mencoba minuman khas mereka.

Karena belum tentu kita bisa menemukan minuman ini di tempat lainnya. Jadi, kami sarankan saat liburan ke Labuan Bajo cobalah minuman khas mereka.

Ini dia daftar minuman khas Flores yang wajib di coba, apa saja sih? Simak listnya di bawah ini!

1. Kopi Flores

Kopi Flores
Kopi Flores

Minuman pertama yang wajib untuk kalian coba saat berplesiran ke Flores atau NTT adalah kopinya. Salah satu kopi yang paling menarik dan wajib dicicipi adalah Kopi Flores.

Kopi ini dijamin akan menjadi salah satu minuman yang akan membuat kalian ketagihan! Terutama jika sebenarnya kalian adalah penggemar kopi.

Minuman kopi hitam Flores ini masih diolah secara tradisional, sehingga tidak menghilangkan rasa dan aroma khasnya.

Tidak ada salahnya untuk mencoba kopi Flores saat liburan ke Labuan Bajo.

Kamu dapat menikmati Kopi Flores di banyak coffee shop atau kafe yang ada di NTT-NTB, pasti mereka akan menyediakan Kopi Flores.

Menu yang satu ini mudah ditemui dan harganya juga cukup terjangkau.

2. Susu Jagung

Susu Jagung Flores
Susu Jagung Flores

Jika minum susu kedelai, susu almond mungkin sudah biasa ya? Tapi pernahkah kalian mencoba susu jagung?

Bagaimana rasanya? Nah, saat kalian liburan ke Kawasan Labuan Bajo, salah satu jenis minuman yang bisa kamu coba adalah susu Jagung.

Jus susu jagung ini selain memiliki rasa yang enak dan ringan juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaatnya yaitu untuk menghindari diabetes. Jadi jika menemukan menu ini di kafe atau tempat makan yang kalian kunjungi, jangan lupa mencobanya ya!

3. Moke

Moke Minuman Khas Flores
Moke Minuman Khas Flores – source: Okezone Travel

Daftar minuman khas Flores yang wajib di coba yang ketiga adalah Moke. Moke adalah minuman tradisional dari Flores yang dibuat dari Pohon Enau.

Masyarakat Manggarai sendiri menangkap moke sebagai simbol dari pergaulan dan persaudaraan.

Namun moke ini adalah minuman yang mengandung alkohol ya teman-teman, jadi perhatikan dulu apabila ingin mengonsumsinya.

Moke adalah minuman tradisional yang merupakan hasil dari penyulingan buah dan bunga pohon Enau.

Proses pembuatan dari minuman khas ini masih tradisional dan diwariskan secara turun temurun hingga sekarang.

4. Kopi Manggarai

Kopi Manggarai
Kopi Manggarai – Source: Pos-kupang.com

Selain kopi Flores, saat berkunjung ke Labuan Bajo dan sekitarnya kalian juga bisa mencicipi Kopi Manggarai. Salah satu jenis minuman yang tidak terpisahkan dari tradisi kuliner Labuan Bajo.

Kopi Manggarai sendiri memiliki dua jenis kopi yaitu robusta dan arabika. Untuk jenis kopi arabika ini memiliki rasa asam dan aroma wangi. Sedangkan untuk kopi robusta, memiliki rasa netral dan sedikit ada hint dari mint.

Kalian juga bisa menemukan Kopi Manggarai di berbagai coffee shop atau kafe di NTT. Jadi pastikan mencicipinya jika kamu pecinta kopi!

5. Teh Kelor Flores

Teh Kelor Flores
Teh Kelor Flores

Teh kelor Flores juga termasuk minuman khas flores yang wajib kalian coba kelezatanya.

Teh daun kelor asli dari Labuan Bajo Flores NTT, banyak tumbuh di lahan / pekarangan di depan rumah warga di Labuan Bajo secara alami tanpa diberikan pupuk.

Daun teh dikeringkan secara alami tanpa kena sinar matahari secara langsung, dikemas secara higienis di dalam bentuk drip bag.

Banyak Kandungan vitamin di daun kelor dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh, bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Simple dan higienis semudah menyeduh teh celup.

Mengkonsumsi teh daun kelor secara rutin dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah.

Selain itu, teh daun kelor juga dipercaya dapat membantu tubuh memproduksi insulin sehingga cocok untuk penderita diabetes.

6. Susu Kuda Liar

Susu Kuda Liar Flores
Susu Kuda Liar Flores

Jika tadi ada susu jagung, sekarang susu yang berasal dari hewani yaitu susu kuda liar! Nusa Tenggara Timur sendiri memang kita tahu ada banyak kuda liar yang bisa memproduksi susu.

Sehingga daerah ini juga disebut sebagai penghasil susu kuda liar berkualitas tinggi yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Rasa dari susu kuda liar cenderung manis, sehingga tak heran banyak orang menyukainya. Jangan lupa untuk mencoba susu kuda liar saat berkunjung ke NTT ya!

6. Brem Flores

Brem Minuman Khas Flores
Brem Minuman Khas Flores

Minuman khas Flores yang keenam adalah Brem. Brem mirip sekali dengan alkohol dan kerap kali disajikan saat acara adat di Nusa Tenggara.

Brem adalah minuman yang berasal dari ketan dan difermentasi sehingga memberikan rasa segar kepada penikmatnya.

Jika kalian ingin mencicipi minuman Brem saat pergi ke Flores, maka kalian bisa mencarinya di pinggir jalan karena banyak yang menjualnya.

Baca juga : 5 Desa Wisata Yang Ada di Manggarai

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai daftar minuman khas Flores yang wajib di coba.

Nah Jika kamu berkunjung ke Pulau Flores dan sekitarnya, ada baiknya untuk mencicipi minuman yang kami sebutkan tadi ya! 

You might also enjoy:

× Chat Admin