Flores dikenal sebagai surga tersembunyi yang ada di timur Indonesia. Jika kalian merindukan petualangan, menikmati pemandangan indah yang luar biasa menakjubkan, tak ada tempat yang lebih sempurna untuk dikunjungi daripada savana-savana terindah di pulau ini.

Di antara hamparan hutan hijau dan pantainya yang eksotis, savana Flores muncul bak permadani luas yang sanggup memikat hati siapa saja yang melihatnya.

Dengan rerumputan yang menghijau, bukit-bukit, dan langit biru yang membentang, kalian akan segera terpesona oleh keindahannya.

Siapkan kamera dan jelajahi 6 savana terindah yang ada di Flores ini!

1. Savana bukit teletubis kombat

Savana bukit teletubis kombat
Savana bukit teletubis kombat – Foto Toebaki

Padang Rumput atau Savana Terindah yang ada di Flores Nusa Tenggara Tiur yang bisa kalian kunjungi yang pertama adalah Savana bukit teletubis kombat.

Lokasi Savana bukit teletubis kombat ini berada di wilayah Macang Tanggar, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Meski Savana bukit teletubis kombat ini belum seterkenal tempat wisata lainnya di Labuan Bajo namun keindahanya tak diragukan.

Kita tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan bentangan rerumputan hijau yang luas namun kedamaian dan kesejukan serta suasana yang tenang akan terasa saat datang ketempat ini.

Baca juga : Inilah 7 Kain Tenun Khas Flores Yang Terkenal

2. Savana Mausui – Manggarai Timur

Padang Savana Mausui
Padang Savana Mausui – source: NTB TICMPU

Salah satu savana yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ke Flores adalah Savana Mausui. Menyajikan hamparan luas savana yang siap menghipnotis siapapun yang melihatnya.

Tak hanya bisa menikmati hamparan padang rumput saja, kalian juga bisa melihat pemandangan Gunung Inerie dan Gunung Komba.

Kalian juga bisa melihat pemandangan dan berinteraksi dengan kuda-kuda yang dilepas di savana tersebut. Bahkan juga banyak kerbau dan sapi yang dibiarkan berkeliaran dan mencari makan disana.

Akses ke Savana Mausui: Savana Mausui berada di Dusun Mausui, Kelurahan Watunggene, Kec Kota Komba, kabupaten Manggarai Timur, Pulau Flores, NTT.

Kalian bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan bermotor melalui perkampungan Leko Lembo dan terus melaju hingga sampai ke hamparan padang rumput.

3. Savana Nanga Lok – Manggarai Timur

Pemandangan Savana Nanga Lok
Pemandangan Savana Nanga Lok – source: Akurat.co

6 savana terindah yang ada di Flores yang ketiga adalah Savana Nanga Lok yang lokasinya berada di Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Kawasan ini Merupakan sebuah teluk super cantik yang dibalut bakau dan bukit savana di sekelilingnya.

Karena keindahan alamnya, Savana Nanga Lok ini berhasil meraih Anugerah Pesona Indonesia (API) pada Bulan November 2022 dalam kategori Surga Tersembunyi Indonesia.

Banyak sekali spot foto yang menarik dan instagramable di Savana Nanga Lok. Waktu terbaik untuk datang ke savana ini adalah di sore hari, karena saat siang akan sangat terik.

Akses ke Savana Nanga Lok: Untuk bisa menikmati keindahan surga tersembunyi ini, kalian harus menempuh kurang lebih 6 jam perjalanan dari daratan Labuan Bajo, dan akan melewati Pantai Utara Flores menjelang sampainya di Nanga Lok.

4. Savana Bukit Liaga – Ende

Keindahan Savana Bukit Liaga
Keindahan Savana Bukit Liaga – source: Bonsernews

Savana Bukit Liaga merupakan salah satu savana wisata yang tergolong baru yang lokasinya berada di kabupaten Ende, Pulau Flores NTT.

Walau begitu sudah banyak wisatawan lokal and mancanegara yang mengunjungi surga tersembunyi yang satu ini.

Bukit Liaga, menyuguhkan indahnya alam yang luar biasa melalui pemandangan laut utara Pulau Flores dan hamparan savana-nya yang akan berubah menjadi warna coklat dan hijau mengikuti pergantian musim.

Kalian bisa menyusuri keindahan savana Bukit Liaga dengan berjalan kaki.

Untuk mencapai puncak bukit dan menikmati keindahan alam dan lautnya, kalian perlu menapaki jalur tracking kurang lebih 15 menit saja.

Akses ke Savana Bukit Liaga: Jika ingin pergi ke Savana Bukit Liaga, kalian dapat memilih dua rute penyeberangan laut yaitu menggunakan perahu motor dari Pantai Ndodo atau Dusun Bele.

5. Savana Lamanabi

Keindahan Savana Lamanabi
Keindahan Savana Lamanabi – source: NagiTana

Di Flores Timur, kalian bisa menikmati keindahan dari Savana Lamanabi. Pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau yang menyegarkan mata yang sangat indah

Hamparan luas dari savana hijau dengan barisan-barisan bukit di bagian belakangnya.

Siapkan kamera atau ponsel kalian untuk mengabadikan indahnya hamparan savana ini. Kamu juga bisa menerbangkan drone untuk melihat panorama alam Savana dari atas.

Akses ke Savana Lamanabi: Kalian bisa mengunjungi Desa Lamanabi Kecamatan Tanjung Bunga, Flores Timur untuk bisa menikmati keindahan savana ini.

Baca juga : Yuk ikutan Opentrip Murah Ke Sumba Muai dari 5 Hari 4 Malam

6. Savana Wae Rebo

Perkampungan dan Savana Wae Rebo
Perkampungan dan Savana Wae Rebo – source: Culture Trip

Jelajahi keajaiban alam savana yang memukau di Savana Wae Rebo. Nikmati pemandangan menyejukkan mata berupa hamparan rumput yang menguning dan pohon-pohon rindang yang akan memberikan kesan magis.

Selain menikmati pemandangan alam savananya, kalian juga dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat yang ramah.

Akses ke Wae Rebo: Untuk bisa sampai ke savana Wae Rebo, kalian bisa pergi dari Labuan Bajo kemudian menempuh perjalanan ke Ruteng, dilanjutkan ke Denge.

Perjalanan ini menghabiskan waktu kurang lebih 5 sampai 11 jam tergantung jenis transportasinya.

**

Demikianlah beberapa informasi menarik mengenai 6 savana terindah yang ada di Flores NTT. Semoga bisa menjadi referensi untuk kalian yang akan liburan ke Flores ya! 

You might also enjoy:

× Chat Admin