Pulau Flores, yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia, adalah destinasi wisata yang mengagumkan dengan kekayaan alam dan budaya yang khas.

Selain Labuan Bajo yang terkenal sebagai pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo, pulau ini menyimpan sejumlah tempat wisata yang memukau dan layak dikunjungi.

Untuk itu, Mari kita jelajahi beberapa tempat wisata terkenal di Flores yang menawarkan pesona alam dan budaya yang luar biasa.

1. Danau Kelimutu, Keajaiban Tiga Warna

kelimutu
kelimutu

Tempat Wisata di Flores yang Terkenal Selain Bajo yang pertama adalah Danau Kelimutu yang ada di Ende.

Danau Kelimutu ini adalah salah satu keajaiban alam paling terkenal di Flores kabupaten Ebde, Provinsi NTT.

Terletak di kawasan Taman Nasional Kelimutu, danau ini terkenal karena memiliki tiga kolam danau yang memiliki warna air yang berbeda-beda.

Masing-masing danau memiliki warna yang berubah-ubah secara periodik, menjadikannya fenomena alam yang menakjubkan dan unik.

Wisatawan dapat melakukan pendakian ke puncak gunung untuk menyaksikan matahari terbit di atas danau-danau ini, menambah pesona keindahannya.

2. Pulau Mules

Pulau Mules
Pulau Mules – Rizal Bustami

Mungkin kalian masih asing mendengar namanya. Pulau Mules atau dikenal dengan nama Nusa Molas adalah sebuah pulau yang terletak di Perairan Selatan Nusa Tenggara Timur.

Namun Secara administratif, Pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Manggarai.

Pulau Mules tercatat memiliki luas wilayah sekitar 18.029 hektare.

Kawasan Pulau ini menyuguhkan keindahan alam berupa hamparan bukit batu dan padang rumput yang berpadu dengan pepohonan sehingga menyerupai siluet putri tidur yang cantik.

Tak hanya di atas daratannya, pemandangan bawah laut Pulau Mules juga tak kalah indah.

Apalagi Di sekitar pulau ini hidup beragam satwa, antara lain, penyu, lumba-lumba, ikan karang dan binatang lainnya.

3. Pulau Riung 17, Surga Kepulauan

www.gotravelaindonesia.com

Pulau Riung terletak di pesisir utara Pulau Flores dan dikenal sebagai Surga Kepulauan.

Lokasi Pulau Riung 17 ini berada di wilayah Kec. Riung, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Pulau ini menyimpan keindahan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, dan terumbu karang yang indah.

Salah satu atraksi terkenal di pulau ini adalah “17 Pulau” di sekitar wilayahnya, di mana wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas, seperti snorkeling, menyelam, dan berlayar di antara pulau-pulau yang mempesona.

4. Wae Rebo, Desa Adat di Pegunungan

kampung adat waerebo
kampung adat waerebo

 

Wae Rebo adalah permata tersembunyi di pegunungan Flores, sebuah desa adat tradisional yang menawarkan pesona budaya yang memikat dan keindahan alam yang menakjubkan.

Lokasi Kampunng Adat Waerebo ini berada di Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Desa ini terletak di dataran tinggi, diapit oleh gunung-gunung yang menjulang tinggi, dan dihiasi oleh hutan-hutan hijau yang lebat.

Perjalanan menuju Wae Rebo sendiri sudah menjadi petualangan yang menarik, karena desa ini hanya dapat diakses dengan melakukan trekking selama sekitar 10-12 jam dari desa Denge.

Namun, usaha untuk mencapai desa ini akan terbayar dengan pengalaman yang tak terlupakan.

Pemandangan desa Wae Rebo yang terbuka akan menyambut para wisatawan yang tiba. Di sini, para tamu akan disambut dengan senyum hangat dari penduduk desa yang ramah.

Salah satu daya tarik utama desa ini adalah rumah-rumah adat Mbaru Niang yang khas.

Rumah-rumah adat ini dibangun dengan menggunakan bambu dan atap alang-alang yang saling bertumpuk, menciptakan bentuk menara yang unik dan mengagumkan.

Arsitektur rumah adat Mbaru Niang ini bukan hanya untuk keindahan visual semata, namun juga memiliki fungsi untuk melindungi warga dari cuaca dan binatang liar di sekitar desa.

Kampung Adat Waerebo (4)
Kampung Adat Waerebo

Wae Rebo juga menawarkan pengalaman budaya yang otentik. Para wisatawan dapat berinteraksi dengan penduduk desa, belajar tentang tradisi, kehidupan sehari-hari, dan kepercayaan mereka.

Penduduk desa dengan bangga akan menceritakan sejarah panjang dan nilai-nilai budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan acara adat seperti upacara dan tarian tradisional Caci Dance yang menarik untuk disaksikan.

Selain pesona budaya, Wae Rebo juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Pemandangan alam yang memukau dari dataran tinggi dan pegunungan menghadirkan panorama luar biasa yang mengambil napas.

Para wisatawan dapat menjelajahi sekitar desa dan menikmati pemandangan hijau yang menyegarkan dari perkebunan dan hutan-hutan lebat.

5. Ruteng, Kota Pegunungan dengan Budaya Khas

Taman Kota Ruteng
Taman Kota Ruteng – Refal VAM

Ruteng adalah sebuah kota di wilayah pegunungan Flores yang menawarkan pesona budaya dan alam yang menarik.

Ruteng sendiri merupakan ibu kota dari kabupateng Manggarai, Provinsi NTT.

Wisatawan dapat mengunjungi gereja katedral unik di kota ini yang menggabungkan arsitektur khas Flores dan Eropa.

Selain itu, di sekitar Ruteng, terdapat destinasi alam menakjubkan seperti Caci Dance, danau Ranamese, dan Goa Liang Bua yang menarik untuk dijelajahi.

6. Kampung Adat Bena, Melihat Tenun Asli Flores

Kampung Adat Bena
Kampung Adat Bena – Pradikta Dwi Anthony

Kampung Bena juga menjadi salah satu Tempat Wisata di Flores yang Terkenal Selain Bajo.

Kampung Adat Bena adalah salah satu perkampungan megalitikum yang terletak di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Lokasi Tepatnya di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, sekitar 19 km selatan Bajawa. Kampung yang terletak di puncak bukit dengan view gunung Inerie.

Keberadaan kampung adat ini sangat unik karena berada di bawah gunung merupakan ciri khas masyarakat lama pemuja gunung sebagai tempat para dewa.

7. Pantai Koka, Sepenggal Surga di Flores

Pantai Koka Maumere, Pulau Flores
Pantai Koka Maumere, Pulau Flores – Virgile Genoud

Keindahan Pantai Koka yang ada di Maumere, menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Flores yang wajib kalian kunjungi selain di Labuan Bajo.

Pantai Koka ini berada di wilayah Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Keindahan Pantai Koka tidak hanya pada bentuk pantai yang melengkung terpisah 2 bagian namun jug apasir putih dan laut yang biru.

Apalagi adanya bukit dan savana yang indah di sekitar Pantai Koka, membuat pantai ini sangat cantik untuk dikunjungi.

Baca juga : 7 Tempat Wisata Di Ruteng Manggarai

Pulau Flores memang menawarkan sejumlah tempat wisata yang menakjubkan dan unik.

Dari danau keajaiban Kelimutu hingga keindahan alam Pulau Riung dan kebudayaan tradisional di Wae Rebo, pulau ini menyimpan keajaiban yang patut untuk dieksplorasi.

Selain Labuan Bajo, mari kita jelajahi dan menikmati pesona lain dari Flores, pulau yang menyimpan kekayaan alam dan budaya yang tak terlupakan.

You might also enjoy:

× Chat Admin