Berapa Biaya Masuk Ke Pulau Komodo Dan Apa Saja Syaratnya

komodo di taman nasional pulau komodo

Pulau Komodo merupakan salah satu Taman Nasional yang tertua dan dipelihara dengan baik di Indonesia. Di pulau ini juga terdapat pembagian zonasi seperti zona inti, zona rimba , zona pemanfaatan dan lain-lain.

Lokasi yang digunakan sebagai destinasi wisata, termasuk dalam zona pemanfaatan wisata darat dan laut.

Jika kamu ingin berkunjung ke pulau yang sangat viral ini, maka setiap orang akan dikenakan biaya masuk sesuai dengan kegiatan yang ingin dilakukan.

lokasi taman nasional komodo
lokasi taman nasional komodo

Percaya atau tidak, Pulau Komodo merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki jenis tiket masuk paling banyak di Indonesia.

Beberapa retribusi tiket yang akan dikenakan tersebut adalah, tiket masuk, tiket trekking, tiket pengamatan hewan liar, tiket snorkelling, tiket kapal dan biaya jasa guide untuk trekking di Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

 

Biaya Masuk  Ke Pulau Komodo

daftar harga tiket wisata taman nasional komodo
daftar harga tiket wisata taman nasional komodo

Harga tanda masuk ke Pulau Komodo memiliki dua jenis retribusi, yaitu  untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA). Perbedaan harga tanda masuk juga berlaku untuk weekday dan weekend .

Tiket masuk untuk WNI saat Weekday adalah, Rp. 5.000 per orang, dan Weekend Rp. 7.500 per orang. Sedangkan untuk WNA adalah, Rp. 150.000 per orang weekday dan Rp. 225.000 per orang weekend.

Biaya Snorkeling di Pulau Komodo

 

Salah satu fasilitas wisata yang disediakan di Pulau Komodo adalah snorkelling. Spot-spot kece untuk aktivitas ini dapat kamu temukan di  Pink beach, Long beach, Manta Point, Siaba, Taka Makassar, Gili Lawa dan lain lain.

Biaya yang akan dikenakan untuk dapat melakukan aktivitas seru ini adalah Rp. 15.000 per orang.

Biaya Pengamatan Hewan Liar di Pulau Komodo

 

Jika kamu berencana untuk dapat melihat Komodo dari jarak dekat, ada dua pulau dimana yang dapat kunjungi, yaitu di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Biaya yang akan dikenakan  untuk dapat melihat kadal raksasa itu adalah sebesar Rp.10.000 per orang.

Biaya Trekking di Pulau Komodo

 

Bukan hanya terkenal dengan keindahan taman  bawah lautnya, pulau-pulau kecil yang tersebar di  sekitar Pulau Komodo juga cukup menarik untuk dapat dijelajahi. Beberapa pulau tersebut diantaranya adalah, Pulau Padar, Pulau Siaba, Pulau Gili Lawa dan lain lain. 

Untuk dapat menjelajah lebih jauh, kamu juga bisa ikutan  trekking menuju puncak bukitnya. Biaya tiket masuk yang dikenakan adalah Rp. 5.000 per orang.

Biaya Mancing dan Canoeing di Pulau Komodo

komodo
komodo

Jika kamu ingin melakukan wisata memancing, dan hanya sekedar ingin berkeliling menggunakan perahu kecil seperti kano,  ada biaya khusus yang harus dibayarkan, yaitu sebesar  Rp. 25.000 per orang.

Biaya Ranger ke Pulau Komodo

 

Ketika melakukan trekking untuk bisa berinteraksi langsung dengan Komodo,  kegiatan ini harus didampingi oleh pemandu khusus dari pihak Taman Nasional. Pemandu khusus tersebut dikenal sebagai ranger. 

Biaya tiket masuk untuk sekali jalan untuk 5 orang adalah Rp. 80.000. Biaya ini sudah termasuk biaya untuk sewa jasa ranger. Kegiatan interaksi Komodo ini, dapat dilakukan di Pulau Komodo, atau Pulau Rinca.

Biaya Masuk Kapal ke Pulau Komodo

 

komodo di taman nasional pulau komodo
komodo di taman nasional pulau komodo

Kapal wisata yang memasuki wilayah perairan Taman Nasional Komodo juga dikenakan biaya tiket masuk. Biayanya disesuaikan dengan jenis kapal yang digunakan.

Untuk kapal kecil dan standar, biaya masuknya adalah Rp. 100.000 per hari, kapal yang lebih besar seperti kapal pinisi, biayanya adalah  Rp. 150.000 per hari, dan yang paling mahal adalah kapal cruise, yaitu kapal besar yang biasanya membawa ratusan penumpang langsung dari luar negeri. Biaya yang akan dikenakan dapat mencapai Rp. 50.000.000 per hari.

Ada juga biaya untuk wisata khusus seperti trekking malam dan pengamatan burung. Biaya yang akan dikenakan adalah, Rp.750.000 per orang. Untuk pengunjung yang membawa drone juga dikenakan biaya khusus, yaitu Rp. 1.000.000 per hari.

Biaya Retribusi Daerah di Pulau Komodo

 

Selain biaya yang akan dikenakan oleh Kawasan Taman Wisata Pulau Komodo, masih ada lagi biaya lainnya yang harus dibayarkan, untuk beberapa wisata tertentu Tiket tersebut merupakan tiket retribusi daerah, yang peraturannya berasal dari pemerintah setempat. 

Biaya tersebut adalah, tiket masuk wisata dan tiket snorkelling. Untuk WNI biaya tiket masuk adalah 50.000 dan untuk WNA adalah Rp. 100.000. Sedangkan untuk biaya tiket snorkeling adalah Rp. 50.000, untuk WNI dan WNA dikenakan harga yang sama.

Sebagai catatan, semua harga tiket masuk diatas berlaku untuk satu orang per harinya. Jadi, apabila besoknya masih berada di dalam kawasan wisata, maka harus kembali membayar biaya masuk sesuai kegiatan yang dilakukan. 

Nah, Sobat! Demikian ulasan kita kali ini, mengenai biaya masuk ke Pulau Komodo. Jika kamu tertarik untuk mengunjunginya, sebaiknya tetap melakukan survei terlebih dahulu, untuk memastikan tidak ada perubahan harga.

Selamat berlibur!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *