Kota Ende, yang terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, merupakan sebuah kota yang kaya akan pesona alam dan budaya yang menarik.

Tak hanya itu, Kota Ende juga merupakan ibu kota dari Kabupaten Ende dan merupakan salah satu kota terbesar di wilayah Flores.

Selain keindahan alam dan budayanya yang beragam, tak heran jika Ende dikenal memiliki banyak tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi.

Destinasi Wisata Baru di Ende

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Ende, berikut adalah 7 tempat wisata terbaru di Ende yang cukup menarik dikunjungi.

Dan tentunya, tempat wisata ini dapat menambah keindahan perjalanan Anda serta pengalaman yang tak terlupakan sebagai bahan referensi Anda.

1. Bukit Kezimara

Bukit Kezimara Ende
Bukit Kezimara Ende – Vhaa Boru.07

Tempat Wisata Terbaru di Ende yang bisa kalian kunjungi yakni Bukit Kezimara.

Lokasi Bukit Kezimara ini ada di Kel Roworena Barat, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Bukit Kezimara sendiri berada pada ketinggian 235 m di atas permukaan laut dengan koordinat (lintang, bujur) -8.8290420, 121.6311750.

Bukit ini berdiri gagah tepat di samping Bukit Kolibari yang juga sering dijadikan tempat wisata untuk melihat view landscape Kota Ende dari atas ketinggian.

Bukit Kezimara atau biasa juga disebut Kelimara  juga merupakan spot paralayang yang instagramable di Kota Ende.

Bukit ini juga dijadikan tempat wisata dan foto-foto untuk anak-anak muda Kota Ende.

Spotnya memang sangat indah, kita bisa melihat tiga view sekaligus, kota, gunung dan laut dari ketinggian.

2. Tiwu Kea Ende

Tiwu Kea Ende
Tiwu Kea Ende

Kawasan Tebing Tiwu Kea Ende juga menjadi salah satu destinasi baru di Ende yang bisa kalian datangi.

Lokasi Tiwu Kea ini berada di Mbuli, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende Provinsi NTT.

Nah untuk menuju tempat wisata ini, kalian harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari Kota Ende menuju ke Wolowaru Mbuli.

Rute perjalanan dari Wolowaru sekitar 5 KM menuju Tiwu Kea.

Tiwu Kea adalah sebuah tebing batu yang aestheitic dan cukup unik.

Tempat wisata ini memiliki ciri khasnya tersendiri. Pesona tebing batu yang cantik nan indah. Ketinggian tebing kira-kira 20 meter.

Di antara tebing ini mengalir air yang tak begitu deras dan bermuara pada kolam yang tak dalam.

Biasanya saat pengunjung tiba, ada warga yang berjaga dan mengantarkan pengunjung ke Tiwu Kea menyusuri dan menuruni hutan untuk menemukan tebing Tiwu Kea ini.

Meski Medannya cukup landai namun kita harus tetap berhati-hati.

Baca juga : 5 Kampung Adat di Pulau Flores Yang Unik

Seain 2 tempat wisata baru di ende diatas, ada banyak tempat wisata populer di kabupaten Ende yang sayang banget buat dilewatkan.

Tempat wisata paling populer di Ende tersebut seperti :

3. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu, surga dunia yang tersembunyi!
Danau Kelimutu, surga dunia yang tersembunyi!

Rekomendasi tempat wisata pertama yang wajib Anda kunjungi saat berkinjung ke Kota Ende yaitu Danau Kelimutu.

Danau yang terletak di pulau Flores, lebih tepatnya berada di kawasan pegunungan di bagian tengah pulau Flores Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Danau Kelimutu adalah salah satu ikon wisata terkenal di Flores dan dianggap sebagai salah satu danau paling unik di dunia.

Danau ini terkenal karena warna airnya yang berubah-ubah dan tiga danau kawahnya yang memiliki warna berbeda, yaitu hijau, biru, dan hitam.

Pemandangan spektakuler dari puncak gunung dengan matahari terbit juga menjadi daya tarik utama dari destinasi ini.

Penting untuk diketahui bahwa pendakian ke Danau Kelimutu harus dilakukan dengan jalur trekking, karena danau ini terletak di kawasan pegunungan yang tidak dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor.

Jalur trekking menuju ke Danau Kelimutu umumnya dimulai dari pintu masuk Taman Nasional Kelimutu, dan wisatawan harus berjalan kaki melalui jalur yang cukup menantang untuk mencapai danau ini.

Namun, setelah mencapai puncak, perjalanan tersebut akan sepadan dengan pemandangan yang menakjubkan dari tiga danau kawah yang unik serta pemandangan alamnya yang memukau dari puncak gunung tersebut.

4. Pantai Nangapanda

Keunikan Pantai Nangapanda
Keunikan Pantai Nangapanda

Selanjutnya yaitu ada Pantai Nangapanda, yang menjadi salah satu pantai yang indah di Kota Ende.

Pantai Nangapanda terletak di bagian selatan Kota Ende, di sepanjang pantai selatan pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Bagi masyarakat sekitar, pantai ini disebut dengan Pantai Watu Pere atau Pantau Batu, karena memang disepanjang pantai ini ditutupi oleh Batu dan memiliki tebing indah.

Jika dihempas oleh ombak akan membuat sajian alamnya yang begitu indah, oleh karena itu mengapa Pantai Nangapanda ini menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata.

Tak hanya itu, pasir putih dan air laut jernih yang dimilikinya membuat pantai ini cocok bagi Anda yang suka berenang atau hanya sekedar bersantai, karena suasana di sepanjang pantainya yang begitu tenang.

Panorama matahari terbenam yang menakjubkan dari Pantai Nangapanda juga tak kalah menarik, yang menjadikan momen indah untuk dinikmati oleh para pengunjung saat berkunjung ke pantai ini.

Untuk mencapai pantai ini dari pusat kota Ende, Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor atau transportasi umum seperti angkutan kota (bemo) atau taksi.

5. Desa Adat Wologai

Desa Adat Wologai
Desa Adat Wologai menjadi salah satu tempat destinasi yang menarik

Selanjutnya ada Desa Wologai, yang menjadi salah satu desa adat yang masih mempertahankan tradisi dan kebudayaan khas masyarakat Flores lho.

Desa yang terletak di kaki Gunung Ebulobo, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, menawarkan pemandangan yang indah dengan latar belakang pegunungan hijau dan sawah-sawah terasering yang menghiasi bukit-bukit di sekitarnya.

Selain itu, desa ini juga menjadi ciri khas, yaitu memiliki rumah adat tradisional yang berbentuk khas di daerah Flores, seperti dinding dari campuran tanah liat dan bambu, atap berbahan alang-alang atau ijuk, serta ukiran kayu yang indah sebagai hiasan.

Rumah-rumah adat ini merupakan bagian dari keunikan budaya desa dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin memahami kehidupan dan tradisi masyarakat Flores.

Tak hanya rumah tradisionalnya saja, desa ini juga masih mempertahankan budayanya seperti tarian serta musik tradisional yang biasa ditampilkan pada upacara adat, perayaan, atau acara penting lainnya.

Untuk mencapai desa ini, perjalanan dari Kota Ende biasanya memakan waktu sekitar 1-2 jam dengan kendaraan bermotor melalui jalan yang menanjak dan berliku-liku.

7. Air Terjun Murundao

Suara Air Terjun Murundao yang dapat menenangkan pikiran
Suara Air Terjun Murundao yang dapat menenangkan pikiran

Berikutnya ada Air Terjun Murundao yang menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi, karena memiliki pemandangan air terjun yang menakjubkan dan tak kalah menarik.

Air Terjun Murundao ini sendiri terletak di Desa Detusoko, Kecamatan Detusoko, sekitar 35 kilometer dari pusat kota Ende.

Selain itu, air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan suara gemuruh airnya yang jatuh dari ketinggian dan semburan air yang menyejukkan.

Tentunya ini bisa memberikan suasana yang menenangkan dan menyegarkan, karena di sekitar air terjunnya dipenuhi dengan vegetasi hijau yang membuatnya terlihat sangat alami dan indah.

Untuk mencapai Air Terjun Murundao, Anda harus mengikuti jalur trekking yang memerlukan perjalanan dari desa menuju lokasi air terjun.

Perjalanan trekking ini akan memberikan Anda pengalaman menyusuri jalan setapak melalui alam hutan dan perbukitan yang menarik.

Jalur trekking bisa sedikit menantang, namun setibanya di lokasi, keindahan air terjun ini akan membuat perjalanan Anda berharga.

8. Taman Renungan Bung Karno

Taman Renungan Bung Karno di Ende NTT, Tempat Lahirnya Pancasila
Taman Renungan Bung Karno di Ende NTT, Tempat Lahirnya Pancasila

Taman Renungan Bung Karno juga tak kalah menarik sebagai referensi tempat wisata di Ende. Letaknya yang berada di kawasan Lapangan Puncak Woloan, Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Tujuan dibangunnya taman ini adalah untuk mengenang dan menghormati Proklamator Indonesia, yaitu Bung Karno (Ir. Soekarno), Presiden pertama dan pendiri Republik Indonesia.

Di dalam taman ini terdapat makam Bung Karno yang menjadi tempat peristirahatan terakhir beliau.

Pengunjung dapat melihat monumen peringatan dan tugu makam yang didesain dengan indah, yang juga merupakan bentuk penghormatan kepada Presiden Soekarno.

Taman ini menyajikan lingkungan yang asri dengan banyak pepohonan, tanaman hijau, serta bunga-bunga yang menambah suasana damai dan sejuk.

Taman Renungan Bung Karno juga menjadi tempat favorit bagi penduduk setempat dan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

9. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno yang menyimpan banyak sejarah
Rumah Pengasingan Bung Karno yang menyimpan banyak sejarah

Tak kalah menarik dari Taman Renungan Bung Karno, Rumah Pengasingan Bung Karno menjadi salah satu referensi tempat wisata yang terkenal juga lho.

Letaknya yang berada di Desa Wolowona, Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, yang menjadi tempat tinggal Bung Karno selama pengasingannya dari tahun 1934 hingga 1938.

Selain itu tempat juga memiliki sejarah, dimana pada masa revolusi kemerdekaan Indonesia, setelah Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno (Bung Karno) pernah mengalami masa pengasingan di beberapa tempat, termasuk di Ende.

Pada tahun 1929, Soekarno yang saat itu masih muda dan aktif dalam gerakan nasionalis Indonesia, kemudian ditangkap oleh pemerintah Hindia Belanda dan diasingkan ke Ende, Pulau Flores.

Oleh karena itu, tempat ini menjadi tempat bersejarah yang wajib Anda kunjungi.

Selain mengharumkan pahlawan nasional, kita juga dapat wawasan bagaimana perjuangan Presiden pertama kita, yaitu Ir. Soekarno.

10. Danau Tiwu Sora

Uniknya Danau Tiwu Sora
Uniknya Danau Tiwu Sora

Sekarang kita beralih dari tempat bersejarah, kini balik lagi ke pemandangan memukau yang berada di Ende, yaitu Danau Tiwu Sora.

Lokasi Danau Tiwu Sor ini ada di Desa Tiwu Sora, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Selain itu, Danau Tiwu Sore juga dikenal dengan airnya yang berwarna biru dan hijau, memberikan nuansa yang sangat indah dan menakjubkan.

Keunikan lainnya yakni pada musim tertentu yakni pada bulan Januari dan Februari, di pinggir Danau Tiwu Sora itu sering bermunculan ikan, belut hingga katak emas.

Baca juga : 5 Penginapan Murah di Ende Dan Harganya

Itulah tadi 7 tempat wisata menarik di Ende yang dapat menambah keindahan perjalanan Anda.

Pastikan untuk merencanakan perjalanan Anda dengan baik dan selalu menghormati lingkungan serta budaya setempat.

Semoga perjalanan Anda di Kota Ende menjadi pengalaman yang tak terlupakan!

You might also enjoy:

× Chat Admin