Taka Makassar merupakan salah satu destinasi wisata yang paling unik di Labuan Bajo. Tempat dengan panorama menakjubkan tersebut, merupakan sebuah pulau kecil yang memiliki struktur berupa hamparan pasir putih, yang diselingi dengan rerimbunan ilalang.

Pulau pasir ini memang bisa dibilang memiliki ciri khas tersendiri, sebab merupakan sebuah gugusan yang terdiri dari beberapa pulau dengan ukuran kecil.

Beberapa di antaranya merupakan pasir timbul, yang hanya muncul saat air laut surut, dan tertutup permukaan air laut ketika pasang. Menariknya, luas pulau-pulau kecil ini tidak mencapai luas sebuah lapangan sepak bola, loh!

taka makassar di labuan bajo (8)
taka makassar di labuan bajo

Keunikan wisata Pulau Taka Makassar tersebut, kemungkinan tidak dimiliki oleh lokasi wisata bahari lainnya di Indonesia.

Pulau tersebut masuk dalam wilayah Nusa Tenggara Timur, yang memang dikenal memiliki tempat wisata bahari yang tidak hanya sensasional, tapi juga populer. Wisata bahari di wilayah ini bahkan sempat viral dan hits di media sosial.

Tidak heran ya, karena Nusa Tenggara Timur selama ini, juga sudah diibaratkan sebagai wilayah yang merupakan surga bagi para pecinta alam.

Pasalnya, keanekaragaman hayati dan kehidupan yang yang ada di sana, dapat dikatakan sebagai keindahan yang mewakili wilayah Indonesia Timur.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Taka Makassar

taka makassar
taka makassar

Aktivitas utama yang dapat dilakukan saat  berada di pulau mini tersebut adalah, pastinya dapat  menikmati keindahan alam taman bawah lautnya. Kamu bisa menjelajahinya dengan melakukan snorkeling atau diving.

Hanya saja, kamu perlu mempersiapkan peralatan sendiri kalau ingin menikmati alam bawah laut di sini. Karena pulau ini sebenarnya merupakan pulau yang tak berpenghuni, sehingga tidak ada fasilitas tempat yang menyewakan perlengkapan snorkeling atau diving.

Saat mencoba kegiatan snorkeling dan diving, pastikan bahwa kamu akan ditemani oleh seorang pemandu. Pasalnya, wilayah perairan di sekitar Pulau Taka Makassar ini, memiliki arus yang cukup deras.

Dengan keberadaan pemandu yang berpengalaman, paling tidak, keamanan selama menikmati pemandangan alam bawah laut yang luar biasa  tersebut, dapat tetap terjamin.

taka makassar di labuan bajo (7)
taka makassar di labuan bajo
taka makassar
taka makassar

Untuk mencari spot-spot snorkeling yang kece, kamu bisa mencoba perairan yang berada tak jauh dari Pulau Taka Makassar. Kerennya lagi, kamu dapat menikmati pemandangan taman bawah laut dengan tanpa batas.

Karena, perairan di sekitar pulau cantik itu, memiliki air yang sangat jernih sebening kristal. Kamu dapat menemukan berbagai jenis terumbu karang dan hewan laut eksotis yang langka,di taman bawah laut tersebut.

Sementara itu, beberapa pilihan lokasi diving, terdapat di lokasi yang disebut dengan Manta Point. Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa berkesempatan untuk melihat serta berinteraksi secara langsung dengan Ikan Pari raksasa, atau AKA Ikan Manta, yang dikenal sebagai spesies yang dilindungi.

Harga Tiket Masuk Taka Makassar

Untuk dapat merasakan butiran pasir yang halus di atas permukaan Pulau Taka Makassar, memang tidak akan dipungut biaya.

Namun untuk masuk ke area Kawasan Taman Nasional Komodo, hingga tarif guide tour dan transportasi, setidaknya kamu perlu menyiapkan minimal budget sekitar Rp 1.500.000, apabila berangkat dari Bali.

Rute Menuju Lokasi Taka Makassar

taka makassar
taka makassar

Kamu bisa menuju ke Pulau Taka Makassar dengan sangat mudah. Sesampainya di Labuan Bajo, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan perahu untuk bisa sampai ke Pulau Taka Makassar.

Percaya deh, kamu nggak akan kesulitan dalam mencari kapal yang dapat disewa ke pulau ini. Hanya saja, biasanya para wisatawan yang datang ke Labuan Bajo, memilih untuk mengunjungi Pulau Komodo terlebih dahulu.

Alasannya, pasti karena mereka penasaran untuk dapat menyaksikan kehidupan para Komodo di alam liar. Apalagi, Pulau Taka Makassar lokasinya tepat bersebelahan dengan Pulau Komodo. Jadi, tinggal cap cus..nyebrang pulau!.

Baca Juga: Pesona Pulau Rinca, Tempat Melihat Komodo Di Di Labuan Bajo

Menghabiskan waktu di kawasan wisata alam seperti Pulau Taka Makassar di Labuan Bajo ini, merupakan pilihan paling tepat untuk dapat melihat langsung lukisan alam yang mempesona, dan satu-satunya di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi?. Yuk, langsung siapkan rencana perjalanan wisata kamu berikutnya, ke pulau yang cantik dan keren ini. Dijamin nggak bakal nyesel!

Selamat berlibur!

You might also enjoy:

× Chat Admin