Pulau Rinca – Labuan Bajo yang kini menjadi destinasi utama para penikmat travelling, memiliki banyak sekali tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Rinca.

Pulau ini berada di Kabupaten Manggarai Barat, dan termasuk dalam jajaran pulau besar di kabupaten tersebut. Letaknya yang berdekatan dengan Pulau Komodo, sehingga tidak heran jika kamu akan menemukan Komodo di pulau ini.

pulau rinca
pulau rinca

Pulau Rinca memiliki panorama alam yang ikonik. Walaupun termasuk dalam kategori pulau kecil. Namun, keindahan alamnya sangat memanjakan mata siapapun yang datang mengunjunginya.

Adanya media sosial memang memberikan dampak yang baik bagi perkembangan wisata di pulau ini. Pulau Rinca juga masuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Tempat ini juga sedang hits dan viral, karena pesona alamnya yang instagramable.

Situasi di Pulau Rinca Labuan Bajo

 

Pulau Rinca merupakan salah satu jajaran pulau di Flores barat yang menjadi habitat asli dari binatang purbakala Komodo, yang dipelihara dengan baik oleh pemerintah.

Pulau ini memiliki luas 190-an km. Meskipun binatang purba ini hidup berdampingan dengan para penduduk, namun hal tersebut tidak membuat mereka takut. Buktinya, ada dua kampung yang berlokasi disana. Masing-masing memiliki penduduk kurang lebih 1000 orang di pulau ini.

lokasi taman nasional komodo
lokasi taman nasional komodo
komodo di pulau rinca taman nasional komodo
komodo di pulau rinca taman nasional komodo

Kedua kampung tersebut bernama Kampung Rinca dan Kampung Karora. Penduduk terbanyak ada di Kampung Rinca. Penduduk di Kampung Rinca sendiri memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Selain mengandalkan mata pencaharian sebagai nelayan, masyarakat di Pulau Rinca juga mendapatkan penghasilan dari menjual makanan, menjadi tour guide, hingga menyewakan rumahnya untuk menjadi homestay bagi wisatawan yang datang.

Jika kamu ingin mengunjungi ini, kamu bisa mengunjungi kedua kampung tersebut untuk bersosialisasi dengan masyarakat setempat.

Habitat Komodo di Pulau Rinca Labuan Bajo

 

komodo di taman nasional komodo
komodo di taman nasional komodo

Kadal raksasa yang biasa dikenal dengan sebutan Komodo Ini, memiliki habitatnya di Pulau Rinca dan juga Pulau Komodo. Kedua pulau tersebut pun masih menjadi bagian wilayah dari Taman Nasional Komodo. 

Hanya dengan menempuh perjalanan selama 2 jam dari Labuan Bajo, kamu sudah dapat melihat secara langsung, habitat dari kadal raksasa ini.

Untuk dapat mengunjungi Komodo ini, kamu akan dipandu oleh ranger berpengalaman yang akan selalu membawa tongkat saktinya selama dalam perjalanan ke lokasi. Tongkat tersebut diperlukan untuk menghalau Komodo yang berkeliaran secara bebas

komodo di pulau rinca
komodo di pulau rinca

 Ranger akan memberikan pengarahan sebelum masuk ke pemukiman Komodo itu, untuk tidak jauh-jauh darinya. Karena Komodo termasuk sebagai hewan liar yang berbahaya. Kamu akan diajak melewati hutan, sambil melihat para Komodo berseliweran.

Asyiknya lagi, kalau kamu termasuk orang yang nggak takutan, bisa selfie bareng komodo langsung, tanpa dinding pembatas loh!. Siapa takut..!

Padang Rumput Yang Gersang Di Pulau Rinca Labuan Bajo

 

Padang rumput yang luas menutupi sebagian besar pulau ini, warna coklatnya  yang menyerupai Sabana, memberikan kesan gersang yang eksotis. Pemandangan tersebut justru memberikan view yang sangat menarik, apalagi bila dilihat dari kejauhan.

resort loh buaya pulau rinca
resort loh buaya pulau rinca

Apabila kamu  menikmati panorama tersebut  dari atas bukit, kecantikan pulau ini akan menjadi berlipat-lipat. Kamu akan disuguhkan dengan lukisan alam yang fantastis. Perpaduan antara padang savana, lautan biru, dan perbukitan yang gersang seperti layaknya surga dunia. 

Ternyata, bukan hanya Afrika saja yang memiliki keindahan padang savana. Pulau Rinca di labuan Bajo juga menawarkan keindahan yang sama

Pantai Pasir Putih Di Pulau Rinca Labuan Bajo

 

Bagi kamu yang menyukai pantai, pulau ini merupakan tempat yang menyuguhkan pesona pantai dengan pasirnya yang putih bersih. Sama halnya dengan Pulau Komodo. Pokoknya, nggak bakalan nyesel deh datang ke Pulau ini!

Selain itu, perpaduan antara deburan ombak dan cahaya matahari yang bersinar, menjadi suatu latar yang indah ketika kamu bersantai di pantai. Yakin deh, kamu bakal betah berlama-lama menikmati pantai di Pulau Rinca

Puncak Bukit Di Pulau Rinca Labuan Bajo

komodo di pulau rinca taman nasional komodo
komodo di pulau rinca taman nasional komodo

Bukan hanya Pulau Padar yang memiliki perbukitan yang keren. Pulau Rinca juga memiliki perbukitan yang bikin Instagram kamu jadi kece loh!. 

Dari atas bukit, kamu melihat seluruh pemandangan Pulau Rinca dengan tanpa batas. Namun tentunya, untuk mencapai puncak bukit, kamu harus melakukan pendakian melalui trek yang sudah disediakan.

Pendakian yang dibutuhkan tidak akan memakan waktu sampai berhari-hari, hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk sampai ke puncaknya. 

komodo
komodo

Tapi sebaiknya, sebelum melakukan pendakian sebaiknya mencari tahu trek yang paling dekat. Maksudnya supaya kamu dapat menghemat waktu dan tenaga anda.

Setelah sampai di atas bukit, hamparan panorama yang menakjubkan bakal langsung menyapa kamu. Perpaduan laut yang biru, pantai pasir putih, hamparan padang savana, dan bukit-bukit terjal yang mengapit pulau ini, merupakan latar yang ikonik buat spot selfie kamu!

Menikmati Matahari Terbenam di Pulau Rinca Labuan Bajo

 

loh buaya pulau rinca, taman nasional komodo
loh buaya pulau rinca, taman nasional komodo

Ada baiknya jika  kamu melakukan pendakian atau trekking menjelang sore hari. Pasalnya, suasana dan pemandangan sunset dari atas bukit bakalan bikin kamu betah berlama-lama di sana. 

View sunset dari atas bukit nggak kalah keren dengan pemandangan di pantai atau savana. Keindahan masing-masing tempat, mempunyai ciri dan keunikan tersendiri yang nggak bisa dilupakan begitu saja, saking memorable nya!. 

Jadi, ketika kamu merasa lelah setelah mendaki, percaya deh!. Semuanya akan terbayar dengan pesona keindahannya yang eksotis!.

Okay Sobat semua! Demikian cerita kita kali ini tentang pesona Pulau Rinca di Labuan Bajo. Tempatnya oke banget kan?!. Yuk, segera siapkan rencana destinasi wisata kamu selanjutnya ke tempat ini. Dijamin nggak akan nyesel deh!.

Selamat berlibur!

 

You might also enjoy:

× Chat Admin