Trekking Pulau Padar – Taman Nasional Komodo yang berada dikawssan wisata premium Labuan Bajo, menjadi hit di kalangan milenial belakangan ini. Selain viral karena pemandangannya yang aduhai, di sekitarnya juga dapat ditemukan banyak pulau-pulau kecil yang juga keren.

Salah satunya adalah Pulau Padar. Pulau ini juga menjadi istimewa, karena menjadi salah satu pulau terbaik di jajaran Kawasan Taman Nasional Komodo

Daya tarik pulau tersebut adalah pemandangan alamnya yang sangat fenomenal. Pulau Padar juga menjadi lokasi yang sempurna untuk trekking, berfoto, santai, dan aktivitas outdoor lainnya.

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan dikawasan Labuan Bajo dan sangat populer, objek wisata Pulau Padar merupakan tempat yang juga oke untuk berlibur. Masalahnya utama yang paling terasa adalah aksesibilitasnya.

Kamu harus meluangkan banyak waktu dan tenaga untuk bisa mencapai pulau ini. Tapi begitu sampai di pulau ini dari perjalanan yang melelahkan, jangan khawatir.

Semuanya  tidak akan sia-sia, dibandingkan dengan pesona yang ditawarkan.

Sekilas Tentang Pulau Padar Labuan Bajo

pulau padar
pulau padar

Pulau Padar merupakan pulau terbesar nomor 3 di Kawasan Taman Nasional Komodo. Lokasi pulau ini dikelilingi oleh  empat teluk yang dalam dan pasir pantai dalam berbagai warna, seperti abu-abu dan merah muda.

Namun kebanyakan adalah pasir pantai berwarna putih dan sebagian ada juga yang bewarna pink.

Laut di sekitar pulau ini memiliki beberapa tempat yang populer untuk scuba diving dan snorkeling jadi jangan lewatkan saat kamu berkunjung ke pulau ini ya.

Pulau dengan pemandangan yang sangat menakjubkan ini terletak tidak jauh dari Pulau Rinca. Lokasi kedua pulau ini hanya dipisahkan dengan oleh Selat Lintah.

Aktivitas Trekking di Pulau Padar Labuan Bajo

pesona pulau padar
pesona pulau padar

Pulau Padar merupakan pulau yang dikelilingi oleh perbukitan. Jadi nggak heran ya, kalau pulau ini jadi hits, didatangi sama orang-orang yang suka trekking. Meski membutuhkan banyak energi, namun itu bukan masalah.

Pulau Padar ini juga menjadi semakin populer, ketika para trekker yang datang selalu rajin posting foto-foto ciamik yang Instagramable di seluruh Media Sosial.

Selain para trekker, para wisatawan dari berbagai negara juga mengagumi keindahan dan pesona pulau padar ini. Kebanyakan dari mereka menyukai fotografi.

Dapat mengambil gambar dari puncak perbukitan, merupakan momen langka, yang pasti nya sangat berkesan buat mereka.

pulau padar
pulau padar

Aktivitas trekking di Pulau Padar Labuan Bajo ini menjadi hits, karena pengalaman fantastis yang bisa kamu dapatkan saat melakukannya. Ditengah perjalanan, kamu juga akan disuguhi oleh panorama pemandangan yang kece.

Namun tetap hati-hati saat melakukan trekking ya. Karena Pulau ini memiliki banyak sekali bukit-bukit yang curam.

Dibutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk dapat mencapai puncak. Pasalnya, rute trekking yang akan dilalui merupakan jalan menanjak dengan tingkat kemiringan 45 derajat.

Untuk membantu para trekker, saat ini sudah ada tangga kayu yang disediakan. Sehingga, akan memudahkan untuk bisa mencapai puncak Pulau Padar.

Tips Melakukan Trekking di Pulau Padar labuan Bajo

wisata pulau padar
wisata pulau padar

Untuk melakukan trekking di Pulau Padar, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Supaya perjalanan kamu akan dapat lebih aman dan menyenangkan.

Bawa tongkat hiking

Jangan lupa membawa tongkat hiking. Karena tongkat ini akan membantu kamu untuk mempertahankan keseimbangan saat trekking, terutama untuk pemula.

 Gunakan sepatu yang nyaman

Pakailah sepatu anti selip, karena jalan menuju puncak sangat licin, dan dengan tanjakan yang sangat ekstrem.

Berangkatlah pada pagi atau menjelang sore hari

Waktu terbaik untuk trip ke bukit Pulau Padar adalah di pagi hari atau menjelang sore hari.

Pasalnya, jika kamu trekking di pagi hari, akan ada kesempatan mendapatkan momen untuk berfoto ria, dengan latar belakang laut yang biru.

Sedangkan di sore hari, kamu bisa mendapatkan foto dengan latar belakang sunset  yang mengagumkan.

Bawa masker dan penutup kepala 

Lokasi menuju pulau lumayan terik dan bisa bikin pusing. Jadi, jangan lupa bawa masker dan penutup kepala ya.

Sunblock juga wajib dibawa, kecuali kalau kamu nggak keberatan dengan kulit gosong yang terpanggang sinar matahari.

Pastikan bawa air minum secukupnya. 

Disana tidak ada yang berjualan air minum. Kalau tidak membawa air cukup, bisa-bisa kamu mengalami dehidrasi sebelum mencapai puncak

Bawa kamera 

Sayang sekali kalau sudah capek-capek sampai puncak, namun kamu tidak bisa mengabadikan momen keindahan Padar yang ciamik ini. Pastikan baterai kamera atau HP kamu cukup, agar  tidak kecewa.

Tempat Wisata Lain Di sekitar Pulau Padar Labuan Bajo

pantai pink labuan bajo
pantai pink labuan bajo

Dari lokasi Pulau Padar, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Pink yang juga lagi banyak penggemarnya.

Untuk mencapai Pantai Pink, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan speedboat atau sekitar 30 menit memutari pulau padar menggunakan kapal sailing yang kalian sewa.

Pantai Pink adalah tempat wisata lain yang dekat dengan Pulau Padar. Karena  Pulau ini tidak memiliki populasi penduduk. Jadi, kamu bisa bersantai di pantai ini serasa pantai pribadi.

Menuju Lokasi Pulau Padar Labuan Bajo

Jika kamu datang Dari Bali, kamu bisa menggunakan pesawat terbang atau bus dengan tujuan ke Labuan Bajo.

Untuk perjalanan yang lebih cepat dan lebih nyaman, sebaiknya melalui udara dimana kalian akan langsung sampai dikota Labuan Bajo.

Begitu kalian mencapai lokasi kota Labuan Bajo maka kamu perlu menggunakan kapal laut dari Labuan Baj ke Pulau Padar dengan menyewa atau mengikuti paket wisata yang sudah tersedia.

Biasanya memakan waktu sekitar 2-3 jam dan perlu diingat tidak ada angkutan kapal umum menuju pulau padar karena pulau ini tak berpenghuni.

Pastikan kamu membawa perlengkapan, makanan ringan, dan minuman yang secukupnya selama dalam perjalanan

Tiket Masuk Pulau Padar dan Kawasan Wisata Taman Nasional Komodo Labuan Bajo

pulau padar
pulau padar

Untuk harga Tiket masuk pulau padar biasanya jadi satu dengan tiket masuk ke kawasan wisata Taman nasional komodo seperti Pulau rinca serta Pantai Pink dan tempat lainnya ( Kecuali Pulau Kelor dan Pulau Kanawa)

Harga tiket domestic atau lokal meliputi:
Karcis masuk kendaraan air kapal motor ukuran standar Rp. 100.000
Karcis masuk pengunjung Rp. 5000/Orang weekday dan Rp. 7500/Orang Weekend
Karcis masuk kegiatan alam & pengamatan hidupan liar Rp. 10.000/Orang
Karcis kegiatan snorkeling Rp. 15.000/Orang
Karcis kegiatan wisata alam penelusuran hutan, mendaki gunung Rp.5000/Orang

Well Guys!. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan liburan agar menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan mengunjungi Pulau Padar Labuan Bajo yang kerennya nggak ketulungan!.

Trekking menuju puncak Pulau Padar memang sedikit menantang untuk dilalui. Tapi percaya deh, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa di Pulau ini saat tiba di puncak.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera siapkan diri kalian biar nggak nyesel!

Selamat berlibur!

 

You might also enjoy:

× Chat Admin