Cunca Rami merupakan air terjun terpopuler di Labuan Bajo yang terletak di Kawasan Hutan Tropis Mbeliling, Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Cunca dalam Bahasa setempat disebut air terjun, dan Rami adalah Hutan, jadi Cunca Rami adalah air terjun yang terdapat di Hutan.

Biasanya wisatawan yang datang ke Labuan Bajo akan mengunjungi air terjun alami ini sebelum melakukan aktifitas sailing komodo.

Keindahan Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami
Air Terjun Cunca Rami –  Instagram (fikrinuhung___)

Air terjun Cunca Rami memiliki ketinggian tebing sekitar 30 Meter, yang terdiri dari tiga tingkatan. Dibawahnya terdapat kolam berukuran sekitar 5-7 meter.

Derasnya air terjun yang mengalir ke bawah, membelah lereng dan membentuk kolam dengan kedalaman 12 meter. Sangat cocok untuk pecinta diving.

Suguhan alam yang menawan, dengan warna air yang bening hijau kebiruan, dan letaknya yang di tengah hutan. Sungguh sangat indah dan menyenangkan, bak berada di surga.

Air terjun Cunca Rami bersumber dari mata air gunung mbeliling, yang tentu saja airnya terasa dingin.

Namun, anda patut berhati-hati karna terdapat bebatuan di sekitar kolam yang kondisi nya licin dan berlumut.

Debit air di Cunca Rami cukup besar, sehingga sangat tidak disarankan untuk berkunjung di musim hujan.

Berkunjunglah Ketika musim kemarau, karna selain cuaca yang mendukung, Cunca Rami sangat bagus untuk dijadikan spot foto, dengan berlatarkan air terjun di belakangnya.

Baca juga : Inilah Cara Menuju Air Terjun Cunca Wulang

Trekking ke Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami
view Pegunungan Mbeliling – Instagram (kabutipis)

Perjalanan menuju Cunca Rami bisa anda tempuh menggunakan roda dua ataupun roda empat, namun sangat disarankan jika anda menggunakan roda empat, gunakananlah mobil offroad karna kita akan melewati bebatuan.

Jarak tempuh dari kota Labuan Bajo ke Cunca Rami sekitar 30 KM, anda bisa menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan menuju Desa Cunca Lolos dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Sudah tersedia parkiran untuk roda empat di Desa Cunca lolos, sehingga anda tidak perlu khawatir, kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan trekking dengan berjalan kaki menuju Cunca Rami, melewati hutan, sawah dan sungai.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi Cunca Rami sekitar 30 menit.

Namun, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, perjalanan anda akan terasa ringan dengan indahnya panorama alam yang disuguhkan.

Tracking ke Cunca Rami
Tracking ke Cunca Rami – Arnd Bijleveld

Karna berada di Tengah Hutan, anda akan melewati jalur trekking yang cukup menantang. Jalanan yang terjal, sempit dan menyusuri sawah serta hutan.

Anda tidak perlu khawatir, karna rute menuju Cunca Rami sudah terdapat petunjuk arah. Sangat disarankan untuk membawa air minum dalam kemasaran untuk menghindari dehidrasi selama perjalanan.

Anda juga bisa menggunakan guide local yang berasal dari masyarakat setempat, untuk mengantarkan anda pulang-pergi selama perjalanan menuju ke Cunca Rami.

Jika anda berniat menggunakan motor menuju Cunca Rami juga bisa. Sudah tersedia penyewaan sepeda motor di Labuan Bajo dengan biaya sangat terjangkau, cukup membayar Rp. 75.000 per motor.

Fasilitas di Cunca Rami

Cunca Rami di Labuan Bajo
Cunca Rami di Labuan Bajo – Илья Земсков

Air terjun Cunca Rami masih belum dikenal banyak orang, sehingga tak heran jika tempatnya seringkali sepi. Berwisata ke Cunca Rami berasa tempat wisata pribadi, dengan keelokan alamnya yang bisa kita nikmati secara pribadi.

Destinasi wisatanya sangat begitu alami, belum banyak terjamah manusia. Sangat cocok bagi para introvert yang ingin berwisata ke alam lepas tanpa harus bertemu banyak orang.

Karna belum banyak dikenal, tidak terdapat loket resmi di Cunca Rami alias gratis. Namun, terdapat kotak donasi sukarela di tempat lokasi.

Anda hanya akan mengeluarkan biaya ketika memutuskan untuk menggunakan local guide masyarakat setempat, sifatnya juga sukarela.

Tapi biasanya wisatawan memberikan sejumlah uang Rp. 50.000 – Rp. 100.000,-

Baca juga : Biaya ke Goa Rangko dan Caranya

 Air Terjun Cunca Rami
Cunca Rami Waterfall – Bejo Hade

Fasilitas yang terdapat di sekitar Cunca Rami ada toilet dan saung atau gazebo dalam Bahasa setempat.

Di sekitar daerah air terjun Cunca Rami juga terdapat destinasi wisata air terjun Cunca Wulung, dan bisa ditempuh menggunakan sepeda motor, karna sama-sama terletak di sekitar Gunung Mbeliling.

Mengunjungi Cunca Rami sangat disarankan untuk dilakukan di pagi atau siang hari, karna Ketika sore waktunya sangat mepet dan juga tidak terdapat lampu penerangan di sekitar jalur Cunca Rami.

Pengunjung juga disarankan untuk membawa bekal makanan dan minumannya sendiri, karna belum ada penjual di sekitar air terjun Cunca Rami.

Tunggu apa lagi? yuk Segera agendakan menuju Cunca Rami sebelum musim hujan datang.

You might also enjoy:

× Chat Admin