Manta Point adalah destinasi wisata yang menarik di Labuan Bajo. Di tempat ini kamu dapat menikmati wisata bahari laut lepas sambil snorkeling atau diving.

Asyiknya lagi, kamu juga dapat bercengkrama dengan satwa air yang langka, yaitu Ikan Manta

Tempat wisata satwa air yang dilindungi tersebut , terkenal sebagai Manta Point. Kawasan wisata yang menawan dan eksotis ini memiliki keragaman ekosistem laut dan darat yang sangat menarik.

Keunikan tersebutlah yang menjadi daya tarik para wisatawan, hingga rela datang jauh-jauh dari berbagai tempat di Indonesia dan mancanegara

Daya Tarik Manta Point Labuan Bajo

spot melihat manta
spot melihat manta – foto zulbudivig.com

Manta Point Labuan Bajo merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki fenomena pemandangan alam yang sangat cantik. Ciri khas yang sangat terkenal dari tempat ini berupa habitat sekumpulan Ikan Manta, yang dilindungi keberadaannya.

Selain itu, di tempat ini juga memiliki spot-spot menarik untuk fotografi, dan selfie yang unik dan kece. Semua hasil jepretan kamera kamu dari Manta Point, bakal bikin Instagram kamu jadi yang paling keren deh, pokoknya!

Kok bisa?. Coba bayangkan, kamu  berfoto saat sedang menyelam, sambil dikelilingi oleh sekumpulan Ikan Manta yang berenang dari bawah laut yang jernih. Wow, banget kan?!

Manta Sighting Spot

Ikan Pari khas Indonesia bagian Timur ini memang banyak menarik minat para wisatawan. Bukan hanya karena langka, namun keeksotisannya tersebut banyak membuat pengunjung selalu ingin berinteraksi secara langsung, dengan cara membelainya.

Jika kamu memiliki keberanian, dapat juga untuk mencoba memberi makan secara langsung Ikan Pari raksasa tersebut. Ukuran Ikan Manta yang ada di lokasi wisata ini cukup panjang, hingga  mencapai 3 meter panjangnya.

Koloni Ubur-ubur

Dimana terdapat Ikan Manta, maka disitu pasti akan ada ubur-ubur. Hal ini merupakan ungkapan yang sudah pasti akan selalu ada, karena Ubur-ubur adalah makanan utama dari ikan langka tersebut.

Saat berburu makanan, sekumpulan Pari raksasa tersebut akan melakukannya secara berkoloni. Saat wisatawan menyaksikan segerombolan Manta bergabung, maka pada saat itu artinya mereka sedang menemukan koloni Ubur-ubur, yang siap untuk disantap.

Pemandangan Taman Bawah Laut

manta point wisata di labuan bajo
manta point wisata di labuan bajo – fot olembnganwatersport.com

Di lokasi Manta Point Labuan Bajo ini, kamu tidak hanya dapat menikmati keunikan Ikan Manta saja, namun juga dapat menikmati kekayaan bahari, dengan ekosistem terumbu karangnya yang begitu menakjubkan.

Saat menikmati pemandangan yang masih sangat alami tersebut, kamu juga juga dapat mengabadikan momen taman bawah lautnya, yang sangat jarang dapat ditemukan di tempat wisata lainnya.

Diving dan Snorkeling

Manta Point Labuan Bajo
Manta Point Labuan Bajo – foto portal.manggaraikab.go.id

Diving dan snorkeling merupakan salah satu alasan, mengapa tempat wisata ini hampir selalu ramai dikunjungi para wisatawan, selain mereka ingin menikmati pemandangan Ikan Manta yang dilindungi.

Jika tertarik untuk melakukan kedua olahraga tersebut, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas peralatannya yang dapat disewa, termasuk  juga dengan pakaian renang atau pakaian menyelamnya.

Untuk para pemula yang baru pertama kali melakukan diving atau snorkeling, sebaiknya didampingi oleh mereka yang sudah profesional. Mengingat, kondisi ombak di Manta Point cukup besar.

Mengunjungi Komodo

Ada bonus wisata yang bisa kamu dapatkan, ketika mengunjungi Manta Point. Bukan hanya dapat menyaksikan keindahan Ikan Pari raksasa yang memukau, namun kamu juga bisa bertemu Komodo yang sensasional!.

Kadal raksasa dengan air liurnya yang  mematikan itu, memang hanya bisa ditemukan di kawasan Pulau Komodo saja. Jadi, jika kamu  bisa mengunjungi kedua hewan langka tersebut dalam kesempatan yang sama, seperti pepatah yang mengatakan sambil menyelam minum air.

Jam Buka dan Harga Tiket Manta Point Labuan Bajo

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 22.00.
Adapun untuk biaya tiket masuk wisata Manta Point Labuan Bajo adalah Rp 20.000. 
Bagi pengunjung yang ingin berinteraksi dengan Ikan Manta, maka akan dikenakan tarif 
Rp 200.000, lengkap dengan peralatan keamanan dan juga tour guide.

Lokasi dan Rute Manta Point Labuan Bajo

manta point di labuan bajo
manta point di labuan bajo – foto thejakartapos.com

Tempat wisata ini terletak di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Lokasi wisata ini berada di tepi wilayah Bajo, Loh Liang Pulau Bali.

Untuk mencapai lokasi wisata dibutuhkan waktu tempuh sekitar 6 jam dari pulau Bali. Kamu dapat menggunakan kapal feri dengan tarif terjangkau sekitar Rp 50.000.

Kamu juga dapat menempuh waktu sekitar 25 menit dari lokasi Pink Beach, dengan memakai kapal kayu.

Well Guys! Selesai sudah cerita kita kali ini, tentang Manta point, yang merupakan suatu tempat keren, untuk dapat melihat Manta.

Pastikan liburan kamu kali ini  akan menjadi momen yang paling indah, dan tidak akan terlupakan ya!

Selamat berlibur!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *