Pulau Kanawa dapat diibaratkan seperti pulau pribadi yang begitu mempesona. Kerennya lagi, pulau ini juga memiliki dermaga sendiri, yang dapat digunakan semua kapal wisata untuk berlabuh bersama para tamunya.

Sebenarnya Pulau Kanawa memang dikelola secara pribadi oleh seseorang berkewarganegaraan Italia, namun tetap dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Biaya masuk yang dikenakan adalah sebesar Rp. 100.000 saja / kapalnya.

Lokasi dari pulau ini berdekatan dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca, atau sekitar 10 km dari Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: 6 Penginapan Mewah di Labuan Bajo Dengan Harga terjangkau

Taman Laut Pulau Kanawa Labuan Bajo

Snorkling dipulau Kanawa
Snorkling dipulau Kanawa – Rizky Alexander Purba

Pulau Kanawa memiliki luas sekitar 35 hektar. Pulau dengan pasir putih ini berada di gugusan Kepulauan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pulau kecil ini memiliki pemandangan laut yang fenomena.

Posisinya dipisahkan oleh Pulau Pungu besar atau Pulau Kelor yang juga merupakan salah satu tujuan destinasi wisata  yang juga nggak kalah keren.

Keindahan Pulau Kanawa yang paling hits adalah pemandangan taman  bawah lautnya.

Jika kamu dapat eksplore lebih jauh lagi ke dalam sana, pasti akan takjub dengan keajaiban biota laut yang tinggal di pulau ini.

Keistimewaan Pulau Kanawa Labuan Bajo

Pulau Kanawa Bajo
Pulau Kanawa Bajo – foto Johan

Tak kenal maka tak sayang, itulah pepatah yang tepat, saat kamu berkunjung ke pulau kecil yang  cantik ini.

Kamu tidak boleh melewatkan keindahan wisata lautnya yang dapat memanjakan mata dan menghipnotis pikiran dengan ketenangan.

Snorkeling dan diving merupakan hal yang wajib kamu coba saat berada di pulau ini.

Saat kamu melakukannya, percaya deh, bakalan nggak mau naik ke daratan. Ratusan  biota laut yang unik dan menakjubkan, akan menyapa kamu dengan keindahannya.

Jika kamu berjalan-jalan di pantainya yang putih, maka dapat menemukan ribuan hewan jenis bintang laut, yang berserakan di atas pasir putih.

Fasilitas Pulau Kanawa Labuan Bajo

Fasilitas di Pulau Kanawa Labuan Bajo
Fasilitas di Pulau Kanawa Labuan Bajo – Miguel Ángel Del Castillo

Salah satu fasilitas yang sudah tersedia di Pulau Kanawa  adalah akomodasi. Jadi nggak perlu ragu jika ingin bermalam disana.

Jadi, tidak akan ada momen yang terlewatkan untuk dapat menikmati eksotisme malam di pulau yang kece ini.

Kamu bisa  berbagai tipe akomodasi yang tersedia seperti, cottage, resort, ataupun bungalow yang tersebar di area ini.

Harganya pun cukup ekonomis mulai dari 600 ribu rupiah saja, dan sudah bisa mendapatkan fasilitas lengkap yang diperlukan.

Jika kamu lebih menyukai penginapan ala backpacker, disana juga telah tersedia fasilitas lengkapnya.  Kamu bisa menyewa tenda camping dan peralatan camping lainnya.

Hmm.., kebayangkan gimana rasanya camping di malam hari, sambil menikmati bintang-bintang di langit sambil diiringi deburan ombak?!. Awas..! Jangan lupa pulang ya!.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Pulau Kanawa Labuan Bajo
Pulau Kanawa Labuan Bajo – Nataša Jeraj Kampuš

Ditempat yang ikoniknya level dewa ini, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Beberapa diantaranya seperti ulasan di bawah ini

Menyelam dan Fotografi Taman Bawah Laut

Laut di Pulau Kanawa memiliki warna air yang jernih dan juga tenang. Situasinya sangat cocok bagi kamu yang menyukai aktivitas menyelam sambil berfoto ria dengan ribuan makhluk  yang unik di bawah laut.

Kalau beruntung, kamu juga bisa permisi numpang selfie sama bayi-bayi hiu yang tinggal di sana. Wuihhh…! Instagram kamu bakalan keren banget loh!

Bagi kamu yang suka fotografi, aktivitas ini cocok juga buat dilakukan. Air laut yang tenang, pasti aman untuk kamu mengambil gambar-gambar taman bawah laut dengan terumbu karangnya yang Instagenik!

Beristirahat dan Relaksasi

Kondisi Pulau  Kanawa yang jauh dari keramaian, membuat tempat ini jauh dari kebisingan. Ketenangan ini dapat kamu manfaatkan untuk beristirahat.

Kamu juga dapat memanfaatkan deretan gazebo yang sudah disediakan, sebagai tempat melepaskan kepenatan, sambil menikmati panorama sekitar pantai.

Selain itu kamu juga dapat  melakukan relaksasi, hanya  dengan merebahkan diri di pasir sambil menikmati terpaan angin dan sinar matahari yang hangat.

Atau bagi yang suka merasakan kesejukan air laut, kamu langsung mengarahkan diri ke bibir pantai, sambil menikmati sapaan riak-riak air laut di pulau kecil ini.

Menikmati Sunrise dan Sunset

sunset pulau kanawa
sunset pulau kanawa – foto milik adiputra fauzi

Menikmati matahari sunrise atau sunset hampir menjadi hal yang langka untuk dapat ditemukan di kota besar.

Namun saat kamu mengunjungi pulau kecil yang elok ini, kamu dapat menikmati dua momen ini setiap hari.

Dimulai dari pukul 5 pagi, kamu dapat menikmati keindahan sunrise di ufuk timur. Sementara di sore hari, kamu dapat menyapa golden sunset, sebelum menjelang malam.

Setelah matahari tenggelam sepenuhnya di ufuk barat, para wisatawan dapat menikmati live musik. Suasana Pulau Kanawa yang sepi, akan menjadi hidup dalam seketika.

Hiking

Pulau Kanawa memiliki perbukitan yang tidak terlalu tinggi. Jika tertarik, kamu dapat mendakinya.

Di bukit tersebut banyak sekali habitat  burung-burung cantik  dari berbagai macam spesies, yang oke banget untuk jadi sasaran kamera.

Perbukitan tersebut memang hanya ditumbuhi hamparan  rerumputan hijau.

Namun sesampainya di atas bukit, percaya deh, kamu akan langsung disuguhi oleh pemandangan pasir putih dan birunya laut dari batas cakrawala. Keren abis, deh!

Baca Juga: Private Trip Sailling Komodo By Kapal Phinisi

Well Sobat! Demikian cerita kita kali ini, mengenai Indahnya Pulau Kanawa Labuan Bajo.

Semoga bermanfaat, dan menjadi inspirasi bagi kamu semua, untuk berkunjung dan berlibur kesana.

Selamat berlibur!

 

You might also enjoy:

× Chat Admin