Labuan Bajo lebih dikenal sebagai wisata laut dengan indahnya perbukitan, namun siapa sangka ternyata di Labuan Bajo menyimpan banyak wisata air terjun.

Tidak kalah cantik dengan air terjun yang terdapat di Kepulauan Jawa. Air Terjun di Kepulauan Flores menyuguhkan pesona air terjun dengan warna yang sangat epic, bening hijau kebiruan.

Terutama di Kabupaten Manggarai, ada banyak sekali pilihan destinasi wisata air terjun yang dapat anda kunjungi, 7 diantaranya :

1. Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang
Air Terjun Cunca Wulang – Firda Milla

Air terjun Cunca Wulang merupakan air terjun yang paling populer di Manggarai Barat. Air terjun Cunca Wulang berada di antara tebing sedimen bebatuan besar, dan air terjunnya keluar melalui celah bebatuan.

Ketinggian air terjun berada di sekitar 200 Mdpl, namun air terjun Cunca Wulang menyuguhkan sensasi wisata yang memacu andrenalin, yakni melompat dari ketinggian tebing menuju sungai.

Jika anda pecinta lompat tinggi dan diving, maka Cunca Wulang adalah destinasi wisata yang sangat cocok untuk anda.

Cunca Wulang baru dikenal di tahun 2008, dan menjadi popular  lima tahun kemudian, lebih tepatnya di tahun 2013.

Lokasi Cunca Wulang terletak di Desa Wersawe, Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

2. Air Terjun Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami
Air Terjun Cunca Rami – fikrinuhung___

Air terjun Cunca Rami merupakan air terjun yang berada di tengah hutan, seperti nama nya Cunca yang berartikan air terjun dan Rami adalah Hutan.

Panorama alam yang di suguhkan adalah air terjun yang mengalir dari ketinggian tebing 30 M. dengan kedalaman kolam dibawahnya sejauh 12 Meter.

Jika anda berniat berenang di bawah air terjun Cunca Rami, dibutuhkan keahlian yang tinggi, mengingatnya derasnya debit air dari air terjun tersebut.

Air Terjun Cunca Rami terletak di Kawasan Hutan Tropis Mbeliling, Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

3. Air Terjun Cunca Rede

 

Air terjun Cunca rede merupakan air terjun tertinggi di Manggarai, dengan ketinggian tebingnya mencapai 70 meter.

Debit air terjun pun sangat deras, sehingga seringkali wisatawan hanya mengambil foto dan menikmati keindahan alam dari air terjun Cunca Rede.

Wisata Air Terjun Cunca Rede sendiiri Berada di Kawasan Konservasi Taman Wisata Alam Ruteng (TWAR) dan berada di bawah kaki gunung Ranaka.

Lokasi Air Terjun Cunca Rede berada di Kampung Ntaur, Desa Sano Lokom, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Floress.

Akses menuju lokasi air terjun Cunca Rede masih belum terfasilitasi dengan baik, sehingga anda membutuhkan jasa pemandu wisata dari masyarakat setempat, untuk bisa sampai ke lokasi wisata.

4. Air Terjun Tengku Lese

Air Terjun Tengku Lese – Veron Ina

Air terjun Cunca Lega atau yang lebih dikenal Tengku lese merupakan air terjun yang memiliki ketinggian tebing 25 meter, dan mengalir di bawahnya kolam dengan kedalaman 3 meter.

Dengan kedalaman tersebut, sangat cocok bagi wisatwan yang ingin menyelam tanpa takut kedalaman, dengan menikmati panorama di alam pegunungan lepas.

Air terjun Tengku Lese memiliki 2 tingkatan tebing,  sangat bagus untuk dijadikan obyek foto wisatawan.

Air Terjun Tengku Lese berada di  Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

5. Air Terjun Tengku Siwa

Air Terjun Tengku Siwa – Dede Walter

Air terjun Tengku Siwa merupakan air terjun paling eksotis di Kabupaten Mandarai. Pasalnya, air terjun ini menyajikan keindahan air yang mengalir dari beberapa tebing bebatuan.

Lumut yang menempel di bebatuan air terjun, memberikan kesan lebih indah sehingga terlihat hijau bening nang eksotis.

Tengku sendiri dalam Bahasa Manggarai berartikan Jurang dan Siwa adalah nama leluhur dari masyarakat setempat.

Lokasi Air Terjun Tengku Siwa berada di Desa Nggalak, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur.

6. Air Terjun Cunca Plias

Air Terjun Cunca Plias
Cunca Plias – rositairma27

Jika anda mencari destinasi wisata air terjun yang cukup aman, maka Cunca Piias adalah jawabannya.

Air Terjun Cunca pilas keluar dari celah bebatuan dengan ketinggian tebing sekitar 20 meter.

Kedalaman kolam di bawahnya pun bersifat sedang yang lebih ke dangkal, sehingga sangat cocok untuk mandi para wisatwan.

Di sekitar air terjun Cunca Plias terdapat jembatan yang terbuat dari bambu, biasa digunakan oleh wisatawan untuk spot foto dengan berlatarkan air terjun.

Lokasi Air Terjun Cunca Plias berada di Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat. Nusa Tenggara Timur

7. Air Terjun Cunca Namo

Air Terjun Cunca Namo
Air Terjun Cunca Namo – Rizki Iki

Air terjun Cunca Namo merupakan air terjun yang berada di Kawasan hutan tropis, sehingga nuansa alam nya masih sangat terjaga.

Air Terjun Cunca Namo menyuguhkan panorama air terjun yang mengalir dari tebing bebatuan. Tidak jauh dari lokasi air terjun Cunca Namo, terdapat sebuah goa yang masyarakat setempat menyebutnya dengan “ Nua Waka”.

Goa tersebut diperkirakan panjangnya mencapai 1,5 hingga 2 KM. Keberadaan Goa tersebut belum banyak dieksplore oleh wisatawan ataupun amsyarakat setempat.

Air Terjun Cunca Namo berada di Desa Loha, Kecamatan Macang Pacar Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Itulah destinasi wisata air terjun yang terdapat di Kabupaten Manggarai, yang bisa menjadi rujukan Ketika berwisata ke Labuan Bajo. Pilihlah wisata air terjun yang sesuai dengan keinginan dan kompetensi menyelam anda, dengan dengan memprioritaskan keselamatan selama berwisata.

 

You might also enjoy:

× Chat Admin