Para Traveller pasti tidak asing lagi dengan nama Cunca Wulang, sebuah air terjun di Manggarai Barat yang cukup terkenal. Sudah banyak dikunjungi wisatwan bahkan diliput oleh stasiun TV swasta.

Lokasi Cunca Wulang terletak di Desa Wersawe, Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Cunca sendiri memiliki arti air terjun, dan Wulang adalah bulan. Secara garis beras Cunca Wulang berartikan air terjun bulan.

Cunca Wulang baru dikenal di tahun 2008, dan menjadi popular  lima tahun kemudian, lebih tepatnya di tahun 2013.

Cunca Wulang, Air Terjun Populer di Manggarai

Cunca Wulang merupakan air terjun yang berada di antara tebing sedimen bebatuan besar, dan air terjunnya keluar melalui celah bebatuan.

Ketinggian air terjun Cunca Wulang sekitar 200 Mdpl, dibawahnya mengalir air sungai yang warnanya bening kehijauan. Sensasi Cunca Wulang terletak dari lompatannya dari atas tebing menuju sungai.

Air Terjun Cunca Wulang
Air Terjun Cunca Wulang – Firda Milla

Cunca Wulang dikenal seperti Green Canyon yang terdapat di Pangandaran, hanya saja Cunca Wulang versinya lebih kecil. Di Green Canyon aliran sungainya diapit oleh tebing-tebing besar dan menembus Goa

Di Green Canyon juga terdapat fasilitas rafting atau arum Jeram dengan dikenai biaya Rp. 200,000 pada tiap perahu. Sedangkan di Cunca Wulang belum terdapat fasilitas rafting.

Ketinggian tebing yang biasa digunakan untuk melompat sekitar 7 meter, dan memiliki kedalaman yang sedang, Namun ada beberapa lokasi yang memilki keadalam cukup dalam sampai 15 meter.

Arus air terjun Cunca Wulang cukup deras, sehingga sangat dibutuhkan kehati-hatian Ketika berwisata ke Cunca Wulang, bahkan Cunca Wulang pernah memakan korban di Tahun 2022.

Sungai Cunca Wulang
Sungai Cunca Wulang – Hubert Trapp

Air terjun di Cunca Wulang berasal dari sumber Gunung mbeliling, dan lokasinya masih berdekatan dengan Wisata Air Terjun Cunca Rami.

Karna berasal dari air sumber pegunungan, tentu saja air Cunca Wulang terasa dingin dan menyejukkan. Membuat kita betah untuk berlama-lama berendam di dalam air.

Tiket Masuk menuju wisata Cunca Wulang akan dikenakan biaya Rp. 30.000 – Rp. 50,000. Dan jika anda menyewa jasa local guide, maka anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50.000,-

Jam buka wisata Cunca Wulang dimulai dari pukul 06:00 pagi hingga pukul 15:00, dibuka setiap hari kecuali Ketika arusnya terlalu deras sehingga tidak memungkinkan untuk menyelam.

Rute Menyusuri Hutan

Keistimewaan Cunca Wulang adalah trekkingnya. Kita akan melewati jalanan terjal, perkebunan dan sawah warga sekitar. Namun anda tidak perlu khawatir, karna sudah terdapat palang petunjuk arah untuk menuju lokasi wisata.

Rute awal dari bandara Komodo labuan bajo, anda bisa menyewa mobil ataupun sepeda. Untuk sewa sepeda dikenakan biaya RP. 75.000 Per hari, sedangkan untuk mobil start harga Rp. 300.000 tergantung tipe mobil yang dipilih.

Dari Labuan bajo anda bisa menuju Desa Wersawe, kemudian anda bisa memarkir kendaraan anda. Jarak tempuh dari Labuan Bajo ke Desa Wersawe sekitar 30 KM, dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Kemudian dari pos parket dan lokasi pembelian tiket, anda bisa melakukan perjalanan trekking menuju air terjun Cunca Wulang, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 45 menit.

Jembatan Layang Menuju Cunca Wulang
Jembatan Layang menuju Cunca Wulang – The gONs

Lama waktu tempuh tidak akan memberatkan, karna kita akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang indah, perjalannya yang melewati jalanan setapak, menanjak dan melewati jembatan layang yang sangat indah.

Tips Berwisata ke Cunca Wulang

Papan Peringatan Wisata Cunca Wulang
Papan Peringatan di Wisata Cunca Wulang – Jonathan Malmberg

Bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke destinasi wisata Cunca Wulang, ada baiknya untuk memperhatikan tips-tips berikut ini :

  • Memastikan kondisi wisata, berkunjunglah Ketika musim kemarau, untuk menimalisir resiko debit air yang besar Ketika hujan
  • Gunakan sepatu yang tidak licin, anda bisa menggunakan sepatu trekking
  • Membawa bekal makanan dan minuman sendiri, karna belum terdapat penjual sekitar air terjun Cunca Wulang
  • Mengikuti aturan yang disampaikan pemandu, seperti kata pepatah “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” setiap daerah memiliki aturannya sendiri
  • Berhati-berhati Ketika di lokasi wisata, hindari spot foto yang terlalu berbahaya dan berisiko tergelincir
  • Jaga selalu kebersihan, selama trekking menuju lokasi atau bahkan di lokasi. Bawalah sampah makanan anda, jangan tinggalkan di tempat
  • Hindari perbuatan yang tidak baik, dan merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

 

You might also enjoy:

× Chat Admin