Seperti yang kita ketahui, Indonesia memang memiliki beragam budaya serta beragam kuliner yang dimiliki di setiap daerahnya.

Begitupun dengan Pulau Flores, pulau ini memang memiliki sejuta kekayaan alam yang memukau serta beragam budaya yang ditawarkan.

Pulau Flores yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT), dimana pulau ini diapit oleh dua pulau juga yaitu di antara Pulau Sumbawa di barat laut dan Pulau Timor di timur daya.

Selain menjadi surga pemandangan alam yang dimilikinya serta beragam budaya yang dimilikinya, ternyata pulau ini juga dikenal dengan sebutan surganya bagi para pecinta kuliner lho.

Pulai Flores juga dikenal dengan sebutan “Pulau Bunga” ini memiliki kekayaan alam dan budaya yang mencerminkan keanekaragaman makanan khasnya.

Makanan Kuliner Khas Flores

Ngomong-ngomong kuliner, orang Flores, penduduk asli pulau ini, telah menciptakan beragam hidangan lezat yang menjadi warisan budaya mereka.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi enam makanan khas yang menggambarkan keunikan dan kelezatan Pulau Flores.

1. Sombu, Makanan Khas Manggarai

Sombu, Makanan Khas Manggarai
Sombu, Makanan Khas Manggarai

Salah satu rekomendasi makanan khas Flores yang bisa di coba kelezatanya adalah Sombu. Sombu adalah makanan khas orang Labuan Bajo dan orang Manggarai pada umumnya.

Kuliner Sombu ini terbuat dari bahan dasar Ubi Kayu yang sudah diiris tipis lalu dijemur atau masyarakat Manggarai menyebutnya koil.

Dulu, Sombu kerap kali dijadikan makanan pengganti nasi bagi Masyarakat Mangggarai dan Flores.

Sombu memiliki warna khas coklat dengan tekstur yang memikat. Rasanya cukup memanjakan bagi setiap lidah yang mencicipinya dan terasa cukup unik.

Jika dimakan sambil minum kopi, Sombu bisa memakai gula, namun kalau untuk dijadikan nasi bisa hanya dengan kelapa dan garam saja.

2. Se’i, Makanan Khas Flores Dari Daging

Se'i, memiliki cita rasa tradisional khas flores yang menggoda
Se’i, memiliki cita rasa tradisional khas flores yang memikat

Se’i adalah hidangan daging panggang khas orang Nusa Tenggara Timur termasuk orang Flores yang diolah dengan cara khusus.

Daging yang biasanya digunakan adalah daging sapi atau daging babi, meskipun ada juga variasi se’i dengan daging lainnya.

Proses pembuatan Se’i melibatkan pengawetan daging dengan menggunakan garam dan bumbu-bumbu lainnya, kemudian dibiarkan selama beberapa hari agar rasa dan aromanya meresap secara maksimal.

Oleh karena itu, Se’i merupakan hidangan yang patut dicoba bagi para pengunjung yang ingin mengeksplorasi kekayaan kuliner Pulau Flores.

Nikmati kelezatan Se’i dan nikmati perpaduan cita rasa tradisional yang memikat di Pulau Bunga Indonesia Timur.

3. Jagung Katemak

Jagung Katemak, jagung yang diolah dengan cara tradisional
Jagung Katemak, jagung yang diolah dengan cara tradisional

Jagung Katemak adalah hidangan khas Flores yang terbuat dari jagung muda yang diolah secara tradisional.

Katemak sendiri berarti “dikukus” dalam bahasa daerah Flores, dan proses pengolahan jagung untuk hidangan ini melibatkan proses mengukus dengan daun pisang.

Proses pengukusan dengan daun pisang memberikan hidangan ini aroma yang khas dan citarasa yang lezat.

Jagung Katemak mencerminkan keanekaragaman kuliner tradisional Pulau Flores dan merupakan bagian dari kekayaan budaya yang harus dicicipi saat mengunjungi pulau ini.

Jika Anda ingin merasakan kelezatan makanan khas lokal, Jagung Katemak adalah salah satu hidangan yang layak dicoba di Pulau Bunga Indonesia Timur.

4. Ohu Aipungan

Ohu Aipungan, menjadi salah satu hidangan khas Flores yang autentik
Ohu Aipungan, menjadi salah satu hidangan khas Flores yang autentik

Ohu Aipungan adalah hidangan tradisional yang khas dari Pulau Flores. Dibuat dari jagung muda dan kelapa parut, hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan manis dengan tekstur yang renyah.

Ohu Aipungan mencerminkan kekayaan kuliner dan budaya Pulau Flores, dan menciptakan pengalaman kuliner yang autentik bagi para wisatawan yang mencoba hidangan ini.

Jika Anda mengunjungi pulau ini, mencicipi Ohu Aipungan adalah salah satu cara terbaik untuk mengeksplorasi kelezatan kuliner tradisional Pulau Bunga Indonesia Timur.

5. Songkol

Songkol, Makanan Khas Manggarai
Songkol, Makanan Khas Manggarai

Songkol juga termasuk Makanan Khas orang Flores Yang Wajib di Coba.

Makanan khas orang Manggarai Barat ini atau makanan khas Labuan Bajo ini terbuat dari tepung singkong kering.

Tepung singkong kering dimasak menggunakan periuk dari tanah liat (lewing tanah) dan bambu (tobong).

Lalu Potongan bambu yang telah berisi tepung singkong diletakkan di mulut periuk. Uap air panas dari periuk tanah masuk ke lubang-lubang kecil di dasar bambu.

Nah biasanya makan songkol dengan ikan. Ikan kering (nakeng dango) bakar.

6. Nasi Bambu

Nasi bambu, makanan khas Flores yang memiliki keunikan sendiri
Nasi bambu, makanan khas Flores yang memiliki keunikan sendiri

Nasi Bambu adalah hidangan nasi khas Flores yang dimasak dengan cara tradisional menggunakan bambu sebagai wadahnya.

Proses memasak nasi ini melibatkan bumbu-bumbu dan rempah-rempah khas Flores, yang memberikan cita rasa yang istimewa dan khas.

Hidangan ini merupakan bagian dari kekayaan kuliner Pulau Flores yang mencerminkan budaya dan tradisi lokal.

Jika Anda mengunjungi pulau ini, mencicipi Nasi Bambu adalah salah satu cara terbaik untuk mengeksplorasi kelezatan kuliner tradisional Pulau Bunga Indonesia Timur.

7. Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu

Ikan bakar sambal dabu-dabu yang menjadi salah satu makanan khas flores
Ikan bakar sambal dabu-dabu yang menjadi salah satu makanan khas flores

Rekomendasi Makanan orang Flores yang wajib di coba lainnya adalah Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu.

Hidangan ini adalah salah satu hidangan laut terpopuler di pulau ini. Ikan segar, seperti ikan kakap atau tuna, dibakar dengan api hingga matang sempurna.

Kemudian, hidangan ini disajikan dengan sambal dabu-dabu, saus pedas khas Flores yang menggoda selera.

Sambal dabu-dabu terbuat dari bahan-bahan segar, seperti tomat, bawang merah, cabai, dan jeruk nipis.

Perpaduan rasa manis, pedas, dan segar dari hidangan ini akan menggoyang lidah Anda dan membuat Anda ingin mencicipinya lagi.

*

Baca juga : 7 Tempat Ngopi yang Asik di Labuan Bajo

Itulah tadi beberapa rekomendasi makana khas Flores yang bisa dicoba dan dicicpi kelezatanya. Jika ke labuan Bajo jangan lupa mencoba makanan diatas.

You might also enjoy:

× Chat Admin