Labuan Bajo dikenal dengan surganya para traveller. Selain menyajikan view hamparan laut dengan perbukitan, Labuan Bajo juga dikenal dengan kelezatan Kulinernya.

Berkunjung ke Labuan Bajo menjadi keputusan terbaik bagi traveller, karna anda tidak hanya disuguhkan dengan spot pemandangan alam yang indah, tapi juga kelezetan kuliner yang tidak akan mengecewakan.

Baca juga : Inilah 7 Makanan Khas Orang Flores Yang Wajib di Coba

Nah berikut ini beberapa Rekomendasi Kuliner di Labuan Bajo Yang Enak yang wajib kalian coba.

1. Roti Kompiang

Roti Kompiang Makanan Khas Labuan Bajo
Roti Kompiang Makanan Khas Labuan Bajo

Salah satu makanan khas orang Labuan Bajo yang wajib kalian coba adalah Roti Kompyang.

Biasanya Roti Kompyang ini banyak dijual ditoko oleh oleh dan sering dibawa pulang oleh wisatawan.

Roti Kompiang atau yang juga dikenal pula dengan sebutan kompiang longa merupakan roti khas Flores yang berbentuk bulat atau oval dan memiliki warna yang kecoklatan seperti warna roti pada umumnya.

Lalu Di atasnya diberi taburan biji wijen seperti pada makanan onde-onde. Sementara, kata longa itu sendiri dalam bahasa Manggarai Flores memiliki arti “wijen”.

Menurut sejarahnya, makanan ini muncul pertama kali di kota bernama Ruteng sekitar pada 1983.

2. Seafood di Kawasan Wisata Kuliner Kampung Ujung

Kuliner Kampung Ujung
Kuliner Kampung Ujung – Septia Mentari

Bagi Penikmat Seafood wajib rasanya untuk berkunjung ke Labuan Bajo, karna disana menyajikan hidangan seafood paling lengkap dari aneka ikan, udang, kerang hingga lobster.

Bisa makan Seafood di pinggir pantai, menyenangkan bukan !

Di Labuan Bajo terdapat sebuah Kawasan yang memang diperuntukkan untuk para penikmat seafood, Namanya Kampung Ujung.

Kawasan Kuliner ini Terletak di Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo Kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Akses menuju lokasi cukup mudah, bisa ditempuh dengan sepeda atau mobil. Di tempat ini, terdapat banyak varian ikan, bahkan juga ada varian Lobster, ada lobster batik dan bambu.

Harganya cukup terjangkau. Anda bisa membelinya dalam kondisi yang mentah ataupun sudah diolah.

Menariknya lagi, traveller bisa order seafood yang ingin dikonsumsi untuk kemudian diolah oleh penjual dalam berbagai menu sesuai request, ini sepertinya lebih worth it.

Kita tahu dengan sendiri bahwa makanan yang akan kita konsumsi dalam keadaan yang masih segar.

Harganya pun sangat terjangkau, tanpa harus menguras kantong untuk Cumi Bakar seharga Rp, 100,000 per ekor. Ikan kerapu bakar cukup hanya Rp. 150.000.

Ada juga kerang saos padang yang satu porsinya hanya seharga Rp. 50.000.

Jika anda berniat wisata kuliner ke Kampung Ujung, ada baiknya di sore hari bersamaan dengan melihat sunset, karna wisata Kampung Ujung baru dibuka Pukul 17:00 sampai 23: 00.

3. Ikan Kuah Asam Philemon

Ikan Kuah Asam
Ikan Kuah Asam – Topwisata.Info

Berkunjung ke Labuan Bajo kurang lengkap rasanya kalau tidak makan Ikan Kuah Asam Philemon. Sejenis sup ikan dengan olahan bumbu khas Labuan Bajo, yang rasanya asam dengan irisan tomat dan cabai.

Kandungan Omega dalam ikan cocok dikonsumsi setelah seharian berenang di Lautan indah Labuan Bajo. Kuah sup yang yang berwarna kuning, meresap ke lidah dalam sedapnya rempah dan ikan.

Ikan kuah Asam bumbunya lebih meresap jika dibandingnya dengan sup ikan, karna dalam Ikan Kuah asam juga disajikan dengan daun kemangi dan perasan jeruk nipis.

Rasanya tentu saja sangat menggugah selera !

Ikan Asam Philemon ini bisa anda dapatkan di restoran terdekat pelabunan PELNI Labuan Bajo, Jalan Yos Sudarso. Flores Barat, Nusa Tenggara Timur.

4. Kolo, Makanan Khas Labuan Bajo

Kolo, Makanan Khas Labuan Bajo
Kolo, Makanan Khas Labuan Bajo

Kolo adalah Makanan Khas Labuan Bajo yang sayang untuk dilewatkan untuk dicoba kelezatanya.

Sebenarnya kolo ini mirip dengan hidangan nasi bakar. Namun, kolo tidak dibakar dengan menggunakan daun pisang sebagaimana umunya.

Kolo dengan menggunakan bilah bambu. Aroma bambu terbakar yang meresap ke dalam nasi membuat cita rasa makanan tradisioanl itu semakin kaya.

Makanan Kolo tibu ini adalah olahan nasi bakar khas Labuan Bajo yang Bentuknya seperti lontong karena terbungkus kulit pisang.

Tapi diletakan di atas piring dengan cara vertikal dan dimasukan ke dalam bambu.

5. Udon Bowl Fish

Udon Bowl
Udon Bowl – Happy Banana Komodo

Kuliner wajib yang juga tidak boleh di skip Ketika berkunjung ke Labuan Bajo adalah Udon Bowl Fish, dari Namanya saja sudah sangat menarik.

Sebuah kombinasi dari ramen dengan tambahan seafood bisa ikan ataupun udang. Disajikan dengan kuah yang lezat, dengan irisan wortel dan sayuran hijau.

Pencinta ramen harus banget Cobain ini, karna Udon Bowl menyajikan rasa yang berbeda, sedapnya kuah disempurnakan dengan rasa seafood ikan yang khas Labuan Bajo.

Daging ikan yang tebal, dimakan dengan kuah ditambahi cabe pedas, tentu saja rasanya sangat lezat. Pedasnya kuah, sayur dan ikan, menyatu dalam lidah, sehingga rasanya pengen makan terus.

Menu ini bisa anda dapatkan di salah satu restoran di Labuan Bajo, tepatnya di Happy Banana Komodo, terletak di depan Bank Mandiri, Jl Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo. Aksesnya pun mudah masih, dalam satu rute dengan Kampung Ujung.

**

Berwisata ke Labuan Bajo tentu tidak akan mengecewakan, view hamparan lautnya yang menawan, dengan pilihan kuliner yang sangat beragam. Sangat cocok untuk solo traveling ataupun Bersama keluarga.

Budget yang dikeluarkan pun tidak harus setebal skripsi, karna paket wisata dan kuliner yang disuguhkan sangat terjaungkau, tanpa harus menguras kantong lebih dalam? Anda tertarik? Yukk agendakan ke Labuan Bajo dari sekarang !!

You might also enjoy:

× Chat Admin