Keindahan pulau Flores tidak hanya terpancar dari hamparan lautnya yang indah, dan bisa kita nikmati dari perbukitan.

Melainkan Pulau Flores juga menyimpan pesona pegunungan yang menawan, Namanya Gunung Mbeliling.

Lokasi Gunung Mbeliling berada di desa Wae Lolos, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Jarak lokasi dari Labuan Bajo ke Wae lolos, yang merupakan pintu awal pendakian, membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 26 menit, dengan jarak tempuh sekitar 43 kilometer

Gunung Mbeliling tidak hanya menyajikan puncaknya yang memukau, tapi juga di kaki Gunung Mbeliling terdapat beberapa destinasi Wisata air terjun.

Pesona Keindahan Gunung Mbeliling

Gunung Mbeliling di Labuan Bajo
Gunung Mbeliling di Labuan Bajo

Kettinggian puncak gunung Mbeliling yakni 1200 meter, dan menjadikanya sebagai gunung tertinggi di Kabupaten Manggarai Barat.

Gunung Mbeliling merupakan Kawasan hutan lindung, Flora dan Fauna yang terdapat di dalamnya dilindungi secara hukum.

Kawasan hutan lindung seluas 72,4 Kilometer persegi, dan hutan Konservasi seluas 41,8 kilometer persegi, sedangkan hutan produksi nya seluas 120 kilometer persegi.

Mendaki gunung Mbeliling, kita akan menyaksikan keragaman Flora dan Fauna yang unik, dan hanya terdapat di Gunung Mbeliling,

Salah satunya adalah burung Kaka Ngkiong yang bisa mengeluarkan 77 jenis suara yang berbeda.

Gunung Mbeliling
Sumber : superlive.id

Di Hutan Mbeliling terdapat 29 jenis burung, 3 diantara nya hanya terdapat di Gunung Mbeliling seperti Burung Serindit Flores, Kehicap Flores, dan gagak Flores.

Gunung Mbeliling berada di ketinggian 1300 meter dari permukaan laut, Gunung Mbeliling menjadi salah satu obyek pendakian yang menantang karna memiliki Kawasan hutan terluas di Flores.

Gunung Mbeliling ini merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Manggarai Barat, selain itu Gunung Mbeliling juga menjadi saksi dari perababan Zaman Purba.

Karna banyak ditemukan fosil hewan dan tumbuhan yang telah punah jutaan tahun silam.

Jalur Trekking Gunung Mbeliling

Hutan Mbeliling
Hutan Gunung Mbeliling – sumber( michelle vanille)

Jika kalian berniat mendaki ke Gunung Mbelling, ada beberapa jalur trekking yang bisa kalian tempuh melalui Desa Liang, Cunca Lolos, Ndara, Roe dan Melo.

Sangat disarankan jika kalian ingin mendaki Gunung Mbeliling untuk menyewa pemandu local, karna luasnya hutan Mbeliling dapat mengecohkan anda.

Seringkali pendaki mengalami kesulitan dan tersesat sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai di puncak Gunung Mbeliling.

Dengan kalian menyewa pemandu local, perjalanan kalian lebih mudah untuk sampai puncak, tanpa harus khawatir tersesat menyusuri luasnya Hutan Mbeliling.

Jasa pemandu local untuk pendakian gunung mbeliling relative terjangkau, pendaki hanya perlu mengeluarkan budget Rp. 75.000 – Rp. 100.000 per hari.

Desa Cunca Lolos menjadi pintu awal pendakian menuju puncak Gunung Mbeliling. Jalur trekking yang akan dilewati terbilang terjal, dengan harus melewati bebatuan besar nan berlumut.

Tips Aman Mendaki Gunung Mbeliling

Gunung Mbeliling
Gunung Mbeliling = John Angkasa Vlogs

Jika kalian ingin mendaki Gunung Mbeliling, sangat disarankan untuk membawa bekal yang cukup untuk menghindari dehidrasi dan kekurangan asupan makanan selama proses pendakian.

Selain itu, pendaki juga bisa membawa obat pribadi untuk menghindari penyakit yang kambuh selama pendakian.

Dan juga membawa jaket yang tebal untuk pendaki yang tidak tahan dingin, mengingat Gunung Mbeliling merupakan Gunung Tertinggi di Kabupaten Manggarai Barat.

Jika pendaki merasa kurang memilki informasi seputar jalur pendakian Gunung Mbeliling, Pendaki bisa menyewa jasa guide dari masyarakat setempat.

Biasanya mereka juga menyediakan fasilitas pendakian, jika ada beberapa barang yang dibutuhkan dalam proses pendakian. Pendaki bisa sekalian menyewa pada local guide, dengan menyiapkan dana sekitar Rp. 1.000.000,-

Air Terjun di Kaki Gunung Mbeliling

Air Terjun Cunca Wulang
Air Terjun Cunca Wulang – Firda Milla

Selain menyajikan jalur trekking yang menantang, serta luasnya hutan Mbeliling yang membentang.

Lelahnya proses pendakian akan terbayar dengan keindahan puncak Mbeliling, dan menyaksikan pemukian warga di tiga kecamatan yang tertata dengan rapi.

Namun sebelum pendaki memutuskan pulang dan mengakhiri pendakian, ada baiknya rehat sejenak sambil menikmati air terjun yang sangat menawan di kaki Gunung Mbeliling.

Terdapat dua air terjun terkenal yang berada di kaki gunung Mbeliling, namanya Cunca Rami dan Cunca Wulang

Cunca Rami merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter, dibawahnya terdapat kolam melingkar dengan kedalaman 12 meter.

Baca juga : Cara Menuju Air Terjun Cunca Rami & Harga Tiketnya

cunca rami
Cunca Rami Waterfall – Bejo Hade

Proses pendakian yang melelahkan akan terbayar dengan puasnya diving di Cunca Rami. Namun, jika kalian bukan pecinta diving, air terjun Cunca Wulang adalah solusinya.

Tebing di air terjun Cunca Wulang tidak setinggi di Cunca Rami, air nya mengalir dari celah bebatuan. Terlihat indah dan menawan.

kedalaman airnya pun bervariasi, ada beberapa tempat yang kedalamannya dangkal, ada juga yang kedalamnnya  tinggi.

Itulah keindahan dari Gunung Mbeliling, selain puncaknya yang sulit ditaklukan, juga menyimpan keindahan air terjun yang sudah terkenal di Manggarai.

Jika kalian tertarik untuk mendaki Gunung Mbeliling, bisa agendakan dengan teman mulai sekarang !

You might also enjoy:

× Chat Admin