Mengunjungi Kampung Adat adalah hal yang sangat menyenangkan, selain kita bisa belajar budaya setempat, kita juga bisa menyepi sejenak dari keramaian Kota.

Suasana yang asri dan kedamaian serta kesetiaan penduduknya dalam melestarikan kebudayaan leluhur, adalah hal yang sangat sulit kita dapatkan di Kota-Kota Besar.

Di Indonesia sendiri terdapat 100 lebih kampung adat, namun jika anda berkeinginan untuk mengunjungi beberapa kampung adat yang masih dalam satu lokasi berdekatan, Kabupaten Ngada, NTT adalah solusinya.

Karna di Kabupaten Ngada terdapat banyak Kampung Adat, berikut ini adalah daftar Kampung Adat di Kabupaten Ngada  yang bisa kalian datangi

1. Kampung Adat Maghilewa Aimere

KAMPUNG Adat Maghilewa Aimere
KAMPUNG Adat Maghilewa Aimere – DIASPORA CHANEL

Daftar Kampung Adat di Kabupaten Ngada yang bisa kalian kunjungi adalah Kampung adat Maghilewa.

Kampung adat ini terletak di kaki Gunung Inerie, karna lokasinya berada di kaki gunung jadi untuk mencapai lokasi kampung adat Maghilewa, harus melewati pepohonan yang berjejer nan indah.

Untuk sampai ke Kampung Adat Maghilewa harus menempuh perjalanan selama 2 jam dari Kota Bajawa.

Suasana di Kampung adat Maghilewa sangatlah sejuk, dan tenang. Rumah adat yang dibangun masih sangat tradisional, dengan kontur tanah yang berundak-undak.

2. Kampung Adat Bena

Kampung Adat Bena
Kampung Adat Bena – Pradikta Dwi Anthony

Kampung Adat yang wajib banget dikunjungi Ketika ke Flores adalah Kampung Adat Bena, terletak di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, Flores NTT.

Kampung Adat Bena merupakan perkampungan peninggalan peradaban kuno Megalitikum, dan menjadi Kampung Adat tertua di Pulau Flores. Terdapat 9 suku di Kampung Adat Bena.

Pada Tahun 1995 Kampung Adat Bena telah diakui Unesco dan masuk dalam daftar World Heritage Tentative list.

Mengunjungi Kampung Adat Bena seperti kita masuk ke Lorong waktu zaman Megalitkum, suasana nya yang sangat damai dan tenang, serta terdapat batu peninggalanan zaman megalitikum yang berada di depan rumah Adat.

Untuk mengunjungi Kampung Adat Bena, kita harus menempuh perjalanan sejauh 19 KM dari Bajawa ke Bajawa Selatan.

Para Wanita di Kampung Bena masih aktif menenun kain, jika berkunjung ke Kampung Adat Bena sangat disarankan untuk membeli kain tenun, karna kualitasnya yang sangat bagus !

3. Kampung Adat Gurusina

Kampung Adat Gurusina
Kampung Adat Gurusina – Iwandaisy

Kampung Adat Gurusina terletak di Desa Watumanu, Kecamatan Jarebuu Kabupaten Ngada, Flores NTT.

Berbeda dengan Kampung Adat lain, desain Kampung Adat Gurusina dibuat melingkar sehingga tertata dengan sebegitu rapi.

Rumah Adat dibuat melingkar sebagai symbol persatuan, dan di tengah kampung terdapat symbol leluhur.

Kampung Adat Gurusina terletak di kaki gunung Inerie. Meskipun Kampung Adat Gurusina sempat terbakar di tahun 2018, namun dibangun Kembali dengan tetap mempertahankan tradisi leluhur.

Berkunjung ke Kampung Adat Gurusina, kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah, dengan bangunan rumah adat khas Ngada atau Sa’o yang berdinding kayu, dan ber atapkan alang-alang.

4. Kampung Adat Tololela

Kampung Adat Tololela
Kampung Adat Tololela – Riska Damayanti

Daftar Kampung adat yang ada di Kabupaten Ngada berikutnya adalah Kampung Adat Tololela.

Kampung Adat Tololela Terletak di Desa Manubara dan Kampung Adat Tololela dikenal sebagai kampung adat yang mendapatkan penghargaan ADWI atau Anugrah Desa Wisata Indonesia dari Kemenparekraf di tahun 2022.

Untuk sampai ke Lokasi Kampung Adat Tololela, perlu menghabiskan waktu sekitar 45 menit dari Bajawa dengan jarak tempuh sekitar 30 KM.

Letaknya yang berada di Puncak bukit, sehingga tidak memungkinkan untuk bisa ditempuh oleh kendaraan. Wisatawan harus ber jalan kaki untuk bisa sampai ke Kampung Adat Tololela.

Namun meskipun harus ditempuh dengan jalan kaki, segala Lelah akan terbayar dengan  indahnya panorama alam dari atas perbukitan Kampung Adat Tololela.

Kampung ini menjadi daya Tarik tersendiri bagi wisatawan local ataupun Mancanegara, karna selain jalur tracking yang harus ditempuh dengan jalan Kaki, anda bisa melihat Nagdu Bagha

Ngadu Bagha merupakan sebuah miniatur bangunan untuk menghormati leluhur  Bapa (Ngadu) dan Ibu (Bagha).

5. Kampung Adat Belaraghi

Kampung Adat Belaraghi
Kampung Adat Belaraghi – benny vincenso

Berkunjung ke Kabupaten Ngada, kurang lengkap rasanya jika tidak ke Kampung Adat Belaraghi Desa Kaligejo, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada.

Kampung Adat Belaraghi memiliki jarak tempuh sekitar 45 KM dari Bajawa, dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat, karna kondisi jalannya yang sudah teraspal.

Kampung Adat Belaraghi menawarkan suasana perkampungan yang tenang, dengan keramahan penduduknya yang senantiasa menyapa para tamu atau wisatawan.

Susunan rumah adat di Kampung Belaraghi saling berhadapan satu sama lain, dan terdapat 3  Bagha dan 3 Ngadu di tengah-tengah perkampungan.

6. Kampung Wogo

Kampung Wogo
Kampung Wogo – Anggoro Prasetianto

Kampung Wogo merupakan kampung adat yang juga bisa kalian kunjungi saat berada di kabupaten Ngada, NTT.

Kampung adat ini berada di Desa Ratogesa, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada.

Lokasi Kampung Wogo ini ada di , Jl. Raya Bajawa-Ende, were, Wogo, Kec. Golewa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Butuh Waktu Sekitar 15 menit perjalanan dari kota Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada jika menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Kampung adat Wogo Sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu kala. Yakni Pada tahun 1923, kampung itu berpindah ke dari lokasi lama atas inisiasi mori tere lengi (tuan kampung) bernama Jaja Rade.

Kini Di kampung ini ada 32 Sa’o yang dihuni 11 suku

Baca juga : Inilah 7 Makanan Khas Orang Flores Yang Wajib di Coba

Itulah tadi beberapa daftar kampung adat yanga ada di kabupaten Ngada.

Bagaimana? Apakah anda tertarik mengunjungi Kabupaten Ngada? Pengalaman serta pengetahuan baru akan anda dapatkan sekaligus, dengan mengunjungi Kampung Adat di Kabupaten Ngada. Yukk masukan list kunjungan anda !

You might also enjoy:

× Chat Admin