Selamat datang di dunia yang penuh dengan keajaiban alam, di mana pulau-pulau eksotis dan kehidupan liar yang mengagumkan menjadi kombinasi yang spektakuler untuk di nikmati.

Di antara gugusan pulau-pulau yang terhampar di laut Flores, Taman Nasional Komodo menjadi tempat perlindungan bagi makhluk reptil purba, Komodo.

Pulau Padar
Pulau Padar – pexels.com-nick-wehrli-10392196

Tapi Taman Nasional Komodo bukan hanya tentang Komodo saja – ada banyak pulau-pulau menakjubkan yang memperkaya keindahan alam di sekitar Labuan Bajo.

Membayangkan itu, sepertinya cukup membuat hati ingin segera menabung ya.

Namun sebelum menginjakkan kaki di dunia yang indah ini, penting untuk mengetahui tentang pulau-pulau indah apa saja yang ada di sekitar Taman Nasional Komodo! Kira ada apa saja ya, yuk simak!

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah salah satu pulau yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo mencakup beberapa pulau terdekat seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan beberapa pulau kecil lainnya.

Secara geografis, Pulau Komodo dan pulau-pulau lain di sekitar Taman Nasional Komodo berada di sekitar Labuan bajo, Flores.

Perjalanan dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo memakan waktu kurang lebih 1,5 hingga 2 jam, tergantung kondisi cuaca dan ukuran kapal yang digunakan.

Selama pelayaran, saksikan pemandangan indah di sekitar perairan Taman Nasional Komodo.

Begitu sampai di Pulau Komodo, kamu bisa menikmati keindahan alam yang memukau, mendaki ke puncak pulau, dan menikmati pantai-pantai menawan mengelilinginya.

Jangan lupa untuk mengikuti aturan dan melindungi alam, jika kamu ingin mengunjungi Taman Nasional Komodo.

2. Pulau Rinca

komodo di pulau rinca taman nasional komodo
komodo di pulau rinca taman nasional komodo

Ini adalah pulau terbesar kedua di Taman Nasional Komodo dan merupakan rumah ke dua bagi banyak Komodo.

Pulau Rinca dan Pulau Komodo adalah dua pulau utama yang menjadi habitat alami bagi Komodo di alam liar.

Untuk mencapai Pulau Rinca dari Labuan Bajo, kamu dapat menggunakan perahu atau kapal yang tersedia di sana. Perjalanan menuju Pulau Panca memakan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam dari Labuan Bajo.

Sama seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca ditutupi oleh pohon-pohon tropis yang lebat, dengan bukit-bukit yang menghijau dan padang rumput yang luas.

Selain itu, tentunya kamu dapat  menyaksikan Komodo bergerak  di habitat aslinya.

3. Pulau Padar

Pulau Padar
Pulau Padar – pexels.com-stijn-dijkstra

Pulau Padar terletak di timur laut dari dua pulau terkenal sebelumnya di Taman Nasional Komodo, Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Secara geografis, Pulau Padar terletak di barat daya Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Untuk menuju Pulau Padar dari Taman Nasional Komodo, kamu bisa naik kapal atau perahu dari kota Labuan Bajo.

Perjalanan dari Labuan Bajo menuju Pulau Padar memakan waktu kurang lebih 1,5 hingga 2 jam, tergantung kondisi cuaca dan ukuran kapal yang digunakan.

Selama pelayaran, saksikan pemandangan indah di sekitar perairan Taman Nasional Komodo.

Begitu sampai di Pulau Padar, kamu bisa menikmati keindahan alam yang memukau, mendaki ke puncak pulau, dan menikmati pantai-pantai menawan yang mengelilinginya.

Jangan lupa untuk mengikuti aturan dan melindungi alam saat mengunjungi Taman Nasional Komodo.

4. Pulau Sabolon Besar & Kecil

Pulau Sabolon Besar
Pulau Sabolon Besar – Pinterest / TukangJalan

Pulau Sabolon terletak di sebelah Pulau Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Jika sobat berencana untuk sampai ke tempat ini, sobat bisa berangkat dari Labuan Bajo ke arah Pulau Sabolon, jarak yang di tempuh dalam perjalanan ini kurang lebih 1 jam perjalanan via kapal ataupun perahu.

Namun, di sekitar pulau Sabolon tidak ada tempat menepi seperti dermaga, jadi sobat harus sedikit berkorban untuk basah berjalan di tepian pantai.

Pulau ini juga menjadi salah satu pulau yang unik, karena memiliki gradasi warna  putih dan merah muda, sehingga kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke pink beach, NTT, karena di dekat pulau Komodo juga ada Pulau Sabolon yang menawarkan pemandangan yang sama.

Perbedaan pulau Sabolon besar dan Pulau Sabolon kecil ada pada ciri khasnya. Pulau Sabolon Besar, lebih terkenal di gunakan untuk berkemah, kamu bisa mengambil spot di pinggir pantai untuk melihat pemandangan indah saat pagi dan sore hari.

Sedangkan Pulau Sabolon Kecil terkenal karena spot snorkeling yang indah.

5. Pulau Nusa Kode

Komodo di Pulau Nusa Kode
Komodo di Pulau Nusa Kode – Harry Subagyo

Pulau Nusa Kode adalah salah satu pulau yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo.

Pulau ini berada di dalam Taman Nasional Komodo, bersama dengan pulau-pulau lain seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Namun, Pulau Nusa Kode terletak di sebelah tenggara Pulau Rinca, pulau ini dikenal dengan keberagaman hayati dan ekosistem bawah laut.

Salah satunya adalah Komodo yang juga ternyata menghuni pulau ini.

Untuk mencapai Pulau Nusa Kode dari Labuan Bajo, kamu dapat menggunakan perahu atau kapal wisata yang tersedia dari kota tersebut.

6. Pulau Tatawa Besar

Savana Pulau Tatawa Besar
Savana Pulau Tatawa Besar – Dwi Pantjawibowo

Pulau Tatawa Besar, sebuah permata tersembunyi yang letaknya dekat dengan Taman Nasional Komodo.

Namun, Pulau Tatawa Besar bukan bagian dari wilayah Taman Nasional Indonesia. Pulau ini hanya letaknya saja yang dekat dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Pulau ini kurang terkenal di bandingkan dengan beberapa pulau lainnya di Taman Nasional Komodo.

kesunyian tempat di Pulau Tatawa Besar, mungkin akan membuat kamu dapat merasakan pengalaman yang lebih intim untuk menikmati keindahan alam di sana.

Jadi, kamu bisa menikmati waktu lebih santai dan terasa lebih eksklusif untuk berada di pulau ini.

Perjalanan menuju Pulau Tatawa Besar memakan waktu 1 – 2 jam tergantung pada kondisi cuaca dan ukuran kapal saat itu.

7. Pulau Sebayur Komodo

Pulau Sebayur Besar
Foto di ambil dari Pulau Sebayur Besar http://www.liburansari.com/2016/11/

Pulau yang terletak di sebelah barat laut Pulau komodo, adalah salah satu pulau menarik yang berdekatan dengan Taman Nasional Komodo.

Ketika kamu sampai di pulai ini, kamu akan di sambut dengan deretan resort yang berada di tepi pantai.

Rumah-rumah kecil yang bisa di sewakan di sana di buat sangat mencerminkan budaya Flores, hampir semua penginapan di sekitar pulau Sebayur menggunakan bahan material setempat, seperti kayu yang beratapkan daun.

Mendekati pulau Sebayur, kamu akan di antarkan sampai ke dermaga. Pulau Sebayur juga memiliki dua pulau, yaitu Pulau Sebayur besar, dan Pulau Sebayur Kecil.

Jika Pulau Sebayur Besar sudah di jadikan resort oleh penduduk setempat, Pulau Sebayur kecil masih menjadi tempat yang asri berbentuk pulau-pulau kecil, letaknya tepat berada di depan Sebayur Besar.

8. Pulau Gili Motang

Pulau Gili Motang
Pulau Gili Motang

Walaupun letaknya di sebelah timur laut dari Taman Nasional Komodo, namun Pulau Gili Motang bukan bagian dari wilayah Taman Nasional Komodo.

Pulau Gili relatif lebih kecil. walaupun tidak begitu luas seperti pulau sebelumnya, Pulau Gili Motang tetap menawarkan pesona alam yang menarik.

Pulau ini juga masih dikenal sebagai tempat yang memiliki populasi Komodo, hanya saja karena pulau ini bukan bagian dari Taman Nasional, akses dan fasilitas untuk kunjungan ke Pulau Gilli lebih terbatas.

Jika tertarik untuk mengunjungi pulau ini, disarankan untuk memastikan ketersediaan transportasi dan akomodasi terlebih dahulu ya.

Baca juga : Mau Scuba Diving, Catat 8 Aturan Yang Harus Kamu Ketahui

Itulah tadi beberapa daftar lengkap pulau-pulau yang ada di sekitar Taman Nasional Komodo. Setiap pulau memiliki pesona dan daya tarik tersendiri.

Dari keindahan pemandangan alam, keanekaragaman hayati, hingga aktivitas menyelam yang menakjubkan, khususnya di wilayah kepulauan Komodo yang benar-benar menjadi surga bagi para pecinta alam dan penjelajah.

Jika sobat petualang berencana untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo, dan pulau-pulau di sekitarnya, pastikan untuk mematuhi peraturan taman nasional dan menghormati lingkungan serta makhluk hidup yang ada di sana.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya sobat petualang! See ya!

 

 

You might also enjoy:

× Chat Admin