Informasi seputar pendakian Gunung Api Lereboleng memang layak diketahui oleh para hiking Indonesia.

Hal ini diKarenakan, Api Lereboleng ini terbilang eksotis dengan pemandangan puncak yang penuh pesona aduhai.

Sudah banyak pendaki yang mendaki ke Gunung Api Lereboleng Flores. Mereka sebagian besar datang dari luar daerah dan berstatus sebagai mahasiswa pencinta alam.

Nah, kalau Anda ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap seputar pendakian Gunung Lereboleng, maka silakan baca artikel ini sampai selesai. Dan ini dia ulasan selengkapnya:

Info Seputar Gunung Api Lereboleng

Gunung Lereboleng
Gunung Lereboleng

Sebelum Anda mengetahui informasi seputar pendakian Gunung Api Lereboleng, maka Anda harus tahu terlebih dahulu informasi terkait gunung itu sendiri.

Gunung Api Lereboleng merupakan gunung berapi aktif yang berada di Flores NTT. Tepatnya berada di Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Gunung ini pernah meletus di tahun 1600 masehi yang menyebabkan terbentuknya kawah berukuran cukup luas. Dan Anda bisa menyaksikan asap yang keluar dari kawah tersebut selama tidak tertutup kabut.

Puncak Gunung Api Lereboleng tidak terlalu jauh dari desa setempat. Anda hanya membutuhkan waktu 2,5 jam saja untuk bisa tiba di puncak gunung itu dengan melewati desa tersebut.

Baca juga : inilah Jadwal kapal bukit siguntang dan harga tiketnya

Tips Mendaki Gunung Api Lereboleng

Tips Mendaki Gunung Api Lereboleng
Tips Mendaki Gunung Api Lereboleng

Mungkin nanti Anda akan tertarik untuk mendaki ke puncak Gunung Lereboleng yang eksotis. Akan tetapi, Anda harus tahu dulu tips yang akan dicoba supaya pendakian Gunung Api Lereboleng tetap aman dan lancar. Ini dia tipsnya:

1. Bawa Air Minum yang Cukup

Tips ketika melakukan pendakian Gunung Api Lereboleng yang pertama ialah bawa air minum yang cukup. Karena aktivitas ini sangat melelahkan dengan jalur menanjak dan terjal.

Bekal air dibutuhkan oleh Anda demi mencegah terjadinya kekurangan cairan atau dehidrasi. Karena pendakian akan menjadi berbahaya kalau masalah ini benar-benar terjadi.

2. Bawa Jaket yang Tebal

Silakan Anda melakukan pendakian ke Gunung Api Lereboleng namun pastikan membawa jaket yang tebal. Karena kalau Anda hampir tiba di puncak maka suhu akan semakin dingin.

Jaket tebal bisa digunakan sebagai busana penghangat badan. Sehingga Anda masih bisa melanjutkan perjalanan dengan stamina yang masih prima.

3. Menguasai Peta Medan Pendakian

Memang tidak ada salahnya melakukan pendakian ke puncak gunung. Namun keselamatan Anda tetap harus dijadikan skala prioritas dengan cara menguasai peta medan pendakian sedetail mungkin.

Pendakian Gunung Api Lereboleng juga terbilang aktivitas berbahaya. Sebab, ada kalanya gunung ini tertutup kabut sehingga Anda tidak akan melihat ada jurang di arah depan.

4. Melapor di Setiap Posko

Kalau Anda mendaki ke Gunung Api Lereboleng, Anda pasti berjumpa dengan posko-posko khusus pendaki. Silakan mampir ke sana untuk beristirahat sembari mendaftarkan diri Anda.

Hal ini sangat penting demi keselamatan Anda sendiri sebagai pendaki. Termasuk sebagai langkah penyelamatan jika memang terjadi kecelakaan saat pendakian.

5. Gunakan Sepatu Gunung yang Tepat

Tips pendakian Gunung Api Lereboleng yang terakhir ialah silakan gunakan sepatu gunung yang tepat. Anda harus memilih sepatu yang tidak hanya berkualitas tetapi standar keamanannya juga harus terjamin.

Sepatu merupakan busana pelindung kaki yang wajib digunakan oleh para pendaki. Dan pastikan jenis bahannya tidak mudah rusak serta tidak licin jika bersentuhan dengan tanah yang basah.

Jalur Pendakian Gunung Api Lereboleng

Jalur Pendakian Gunung Api Lereboleng
Jalur Pendakian Gunung Api Lereboleng

Jalur pendakian Gunung Api Lereboleng yang paling populer yaitu melewati dua kampung. Yang pertama Kampung Lamahelan dan yang kedua Kampung Dua Muda.

Cuma sebagian besar pendaki lebih suka melalui jalur Kampung Dua Muda yang berarti masuk melalui jalur utara. Kabarnya jalur ini lebih landai dengan tanjakan tidak terlalu terjal.

Selain itu, di jalur ini juga terdapat banyak pos pantau dan basecamp. Jadi para pendaki memiliki banyak kesempatan untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Mari Mendaki ke Gunung Api Lereboleng

Gunung Api Lereboleng merupakan gunung paling eksotis yang ada di Kabupaten Flores Timur. Bahkan kalau Anda beruntung, Anda akan berjumpa dengan kuda liar yang merumput di sana.

Maka dari itu, mumpung sudah mendapatkan informasi seputar pendakian Gunung Api Lereboleng, silakan mulai mendaki sekarang juga. Namun pastikan keselamatan di perjalanan harus terjamin serta harus tercegah dari ketersesatan.

You might also enjoy:

× Chat Admin